Ratusan Masyarakat Sambo Menuntut PT DPM Hentikan Kegiatan

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com -  Pemilik hak ulayat Marga Sambo  atas wilayah tambang di Dairi meminta PT DPM, menghentikan segala kegiatannya. Hal ini disampaikan oleh Drs. Ali Husin Sambo, Ketua Umum Sulang Silima Marga Sambo dalam orasinya dalam aksi unjuk rasa di pintu masuk lokasi tambang di Sopokomil, Kec. Silima pungga pungga, Kab. Dairi, pada hari, Kamis (16/1/2020).

Lebih lanjut ketua Sulang Silima marga Sambo Ali Husin, menyebutkan bahwa PT DPM tidak menghargai bahkan dinilai telah melecehkan dan merusak tatanan adat masyarakat Pakpak yang berpotensi menciptakan perpecahan ditengah masyarakat, khususnya etnis Pakpak.

Oleh karenanya, dia menuntut & mendesak agar PT DPM menghentikan segala kegiatan dan aktivitas di lingkungan tanah ulayat Marga Sambo.
Sementara itu, kepada media online dailysatu.com Ali Husin menjelaskan bahwa pada aksi yang sama pada bulan November 2019, PT DPM telah berjanji dalam waktu 2 minggu akan mengundang pihak Marga Sambo untuk berdialog. Namun sampai saat ini, PT DPM telah ingkar janji.

Ali Husin juga menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan surat kepada Bupati Dairi berkenaan dengan tuntutan mereka, namun sampai unjuk rasa ini dilakukan, tidak ada tanggapan. Dalam hal ini, dinilai Bupati Dairi tidak peka merespon keluhan masyarakatnya.

Atas tuntutan yang disampaikan, keluarga besar Marga Sambo, melalui ketua Sulang Silima Sambo, menyatakan tekad akan berjuang sampai akhir untuk mempertahankan hak atas tanah ulayat warisannya.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini