Kecamatan Medan Sunggal Gelar Pelaksanaan MTQ Ke - 53

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Sebanyak 36  orang  peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Medan Sunggal di Jalan Balai Desa, Kelurahan Simpang Tanjung, Selasa (28/1).

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Camat Medan Sunggal Indra Mulia yang membuka festival pemulihan Al Qur'an ini, berharap agar lahir qori dan qoriah terbaik sehingga dapat mewakili Kota Medan di tingkat nasional maupun internasional. Di samping itu juga melalui kegiatan ini dapat membentuk insan-insan yang Qurani.

Pembukaan berlangsung meriah dan dihadiri ratusan pengunjung. Apalagi sejumlah stand dihadirkan untuk menampilkan aneka produk unggulan, baik kuliner maupun hasil kerajinan tangan para pelaku UMKM yang berasal dari 6 kelurahan  yang ada di wilayah Medan Sunggal. Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi, sejak pagi mereka sudah hadir untuk mengikuti prosesi pembukaan. Sambil menyaksikan para qori dan qoriah berlomba, mereka juga mengunjungi seluruh stand untuk membeli.

Dalam sambutannya Indra mengatakan, MTQ yang berlangsung sejak pagi hingga petang ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kecamatan Medan Sunggal. Selain ingin melahirkan qori dan Qoriah terbaik, Indra berharap agar event ini juga sebagai syiar Islam sekaligus mengajak masyarakat, terutama generasi muda semakin mencintai Al Quran, sehingga nantinya terbentuk insan-insan yang Qurani di Kota Medan, terkhusus wilayah Medan Sunggal.

“Perlombaan MTQ  merupakan agenda rutin setiap tahunnya sebagai wujud komitmen kita untuk membangun, sekaligus membentuk insan-insan yang Qurani. Dengan terbentuknya insan-insan yang Qurani, insya Allah akan membawa keberkahan hidup baik dunia dan akhirat. Sebab, Al Quran merupakan pegangan dan tuntunan hidup kita,”  kata Indra.

Mantan Camat Medan Tembung ini selanjutnya menjelaskan, MTQ ini juga sebagai ajang seleksi untuk mencari qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Kecamatan Medan Sunggal untuk  tampil di MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan Tahun 2020. “Semoga qori-qoriah ini mampu mengukir prestasi baik tingkat Kota Medan, nasional, bahkan internasional,” harapnya.

Kepada seluruh qori dan qoriah, Indra mengucapkan selamat bertanding dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya sehingga keluar sebagai pemenang.   Sedangkan kepada dewan hakim, Indra berharap dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah, serta melakukan penilaian seobjektif mungkin.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug, yang dilakukan Camat Medan Sunggal bersama unsur Muspika Kecamatan Medan Sunggal. Setelah itu dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim, serta peninjauan stand bazar. Usai dewan hakim menyampaikan tata cara yang harus diikuti para peserta, MTQ pun dimulai. (ds/lilik)
Share:
Komentar

Berita Terkini