Hujan Seharian,8 Kecamatan Di Asahan Dilanda Banjir

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

dailysatu.com-Seharian hujan deras membasahi seluruh wilayah di Kabupaten Asahan pada Rabu (29/1/2020), sejak pukul 02.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Membuat sejumlah rumah pemukiman warga menjadi tergenangnya di desa maupun kelurahan yang berada di delapan kecamatan se Kabupaten Asahan.

Menurut Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Khaidir Sinaga pada wartawan melalui saluran aplikasi WhatsApp mengatakan, genangan air yang melanda permukiman warga setinggi 10 hingga 30 sentimeter. Akan tetapi, sejak siang mulai berangsur-angsur surut.



Adapun wilayah yang sempat tergenangi air akibat tingginya intensitas hujan, yaitu Kecamatan Kisaran Barat,Kecamatan Kisaran Timur,Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kecamatan Aek Songsongan, Kecamatan Aek Ledong, Kecamatan Buntu Pane, Kecamatan Setia Janji dan Kecamatan Tinggi Raja.

"Pihak kami dari BPBD sudah turun ke lapangan untuk menginventarisir kemungkinan adanya dampak kerusakan sarana dan prasarana infrastruktur, serta penyingkiran pohon yang tumbang. Demi memcegah dampak lanjutan. Untuk itu,kami mengimbau warga untuk siaga bila sewaktu-waktu bencana terjadi," ketus Khaidir Sinaga.

Selain itu, tambah Khaidir Sinaga, ada beberapa pohon yang tumbang juga sudah dibersihkan. Bahkan, sejumlah ruas jalan yang tergenang rusak abrasi akibat air juga sudah dibersihkan.

"Kami dari BPBD bersama seluruh perangkat desa maupun kelurahan serta Forkopimcam dan warga secara bersama sama bergotong royong melancarkan saluran air/perit yang tumpat," ungkap Khaidir lagi

Khaidir juga mengaku,bahwa intensitas hujan diperkirakan semakin tinggi, maka BPBD Asahan akan memantau secara berkala sejumlah wilayah yang rawan banjir di sejumlah wikayah di Kabupaten Asahan.(ds/Hendri)
Share:
Komentar

Berita Terkini