Gawat Bertahun - Tahun Perkebunan Sawit di Negeri Lama Diduga Tak Kantongin Ijin

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Bertahun-tahun bekerja sebagai karyawan diperkebunan kelapa sawit yang berada di Desa Perk. Negeri lama, Kecamatan  Bilah hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera utara, pengusaha perkebunan diduga belum mendaftarkan karyawannya ke Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Kuat dugaan tidak memiliki Izin Usaha Perkebunan Budidaya (IUP-B).

Pengusaha perkebunan itu disebut-sebut berinisial B, telah menguasai dan mengusahai lahan kurang lebih 80 ha, perkebunan itu berada di Desa Perk. Negeri lama. Seperti disampaikan beberapa karyawan yang bekerja diperkebunan itu, sebut saja Dewi buka  nama sebenarnya (nama samaran).

"Perkebunan kelapa sawit ini milik pak Bandit, pak Bandit jarang datang kemari," kata Dewi pada daylisatu.com, Sabtu (18/01/2020) sore diperumahan perkebunan itu.

Lebih lanjut, dewi mengatakan dirinya terima gaji perbulannya sebesar Rp 1,8 juta, kalau dirinya sakit uang untuk berobat pakek uang pribadi karena tidak memiliki (BPJS) Ketenagakerjaan.

Sementara, dedi bukan nama sebenarnya (nama samaran,) karyawan diperkebunan itu mengatakan hal yang sama terkait kepemilikan lahan perkebunan tersebut.

"Lahan ini punya pak bandit, mandornya dari kampung sebelah itu," katanya pada daylisatu.com, Sabtu (18/01/2020) sore diperumahan perkebunan itu.

Dedi menjelaskan, lahan perkebunan ini luasnya kurang lebih 80 (delapan puluh) ha, lahan perkebunan ini ini milik pak bandit, pak Bandit tinggal di Pekanbaru. Dia red-jarang kemari, yang sering kemari orang kepercayaannya pak Bandit.

Saat dikonfirmasi mandor perkebunan atau orang yang dipercaya oleh B untuk mengawas perkebunan tersebut membenarkan bahwa lahan itu milik B.

"Benar pak, saya mandor diperkebunan tersebut," kata Steven mandor perkebunan kelapa sawit milik B melalui telpon dengan nomor 082110640XXX, Senin (20/01/2020) pagi pada daylisatu.com.

Terpisah, saat dikonfirmasi terkait izin perkebunan tersebut Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu mengatakan bahwa perkebunan itu belum terdaftar.

"Lahan perkebunan kelapa sawit yang berada di Desa Perk. Negeri lama belum terdaftar di dinas ini," Kata Heri kasi perizinan pemkab Labuhanbatu diruang kerjanya, Selasa (21/01/2020) sore pada daylisatu.(ds/Zulharahap)
Share:
Komentar

Berita Terkini