Bah!!! Satu Unit Mobnas Milik Pemkab Humbahas Bak Barang Rongsokan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
Teks foto : Tampak terlihat Mobil Dinas milik Pemkab Humbahas tidak terurus bagaikan barang rongsokan.
dailysatu.com - Satu unit mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Bagian Umum terlihat seperti barang rongsokan. pasalnya, mobil dinas yang di beli menggunakan dana APBD ini tidak lagi di perbaiki.

Amatan media ini, Selasa (21/1/2020) terlihat satu unit mobil dinas merk toyata jenis Rush dengan nomor plat BB 239 D di parkirkan persis di belakang Kantor Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Humbang Hasundutan tidak terurus dan tidak ada tenda yang menutupi. Mirisnya lagi, mobil dinas tersebut terlihat sudah bekas terbakar di bagian depan.

Di lihat dari nomor plat mobnas tersebut, pengadaan mobnas milik Pemkab Humbahas itu sekitar tahun 2012.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Humbahas, Moratua Gaja merasa miris atas hal tersebut, dimana pihaknya mengatakan, bahwa kendaraan dinas adalah salah satu sarana untuk menunjang kinerja pejabat pemerintah untuk bekerja lebih maksimal.

"Sayang sekali, fasilitas milik Pemkab Humbahas terbengkalai seakan disia-siakan, padahal kendaraan dinas adalah sarana untuk menunjang kinerja pejabat pemerintah agar bekerja lebih maksimal," ungkap anggota Dewan dari Partai Gerindra itu, Rabu (22/1/2020).

Hal itu juga menimbulkan pertanyaan baginya, dimana menurutnya, setiap kendaraan dinas memiliki biaya operasional dan perawatan setiap tahunnya.

“Saya prihatin melihat ada kendaraan dinas yang dibiarkan tidak terawat. sebab, jika dirawat dengan baik, tentunya kondisi mobil dinas itu tidak terlihat seperti barang rongsokan, padahal setiap kendaraan dinas milik Pemkab Humbahas ada biaya operasional dan biaya perawatannya," ujarnya.

Menanggapi ini, Kabag Umum Setdakab Humbahas, Irma Simanungkalit, saat dimintai wartawan keterangannya melalui Whatsappnya mengakui bahwa mobil dinas tersebut dianggarkan perawatannya pada bagian umum tahun lalu dan di pakai di bagian organisasi sekretariat daerah kabupaten.

"Jadi itu mobil di bagian organisasi ito, perawatannya di tampung pada bagian umum, ga ada lagi kemarin anggaranya ito," ucap Irma.

Di tanya berapa anggaran perawatan mobnas tersebut pada bagian umum tahun lalu (2019), Kepala Bagian Umum ini pun tidak bisa memberi penjelasan secara rinci.

"Nanti saya cek dulu ya ito," balasnya singkat.

Di tanya kapan mobil dinas tersebut terbakar dan dimana, lagi-lagi kepala bagian umum ini tidak bisa memberi penjelasan, sampai berita ini di turunkan ke redaksi, tidak ada jawaban .

"Itu dia aku lupa, tunggu aku cek dulu ya," katanya.

Sementara itu, Badan Pengelolaan Keuangan, pendapatan Aset Daerah Humbahas melalui salah satu pegawai bidang aset mengatakan, bahwa mobil dinas tersebut di parkirkan pada bulan oktober tahun lalu.(ds/Carlos)
Share:
Komentar

Berita Terkini