Arus Balik Tahun Baru, Stasiun Bus di Dairi Dipadati Penumpang

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Usai libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru, sejumlah stasiun bus angkutan umum di Kabupaten Dairi jurusan Sidikalang menuju Medan dan Pematang Siantar mulai ramai dipadati penumpang yang akan balik ke perantauan.

Seperti yang terpantau dailysatu.com  di stasiun bus Datra, Raja Napogos, Pas dan Sinar Sepadan, Senin  (6/1/2020) siang. Dimana para penumpang terlihat menumpuk menunggu antrian keberangkatan bus.

Simarata Malau, petugas loket Bus Datra saat ditemui mengatakan, bahwa penumpukan penumpang pada arus balik usai libur Natal dan Tahun Baru mulai ramai sejak, Kamis (2/1/2020) kemarin dan hari ini sedikit mengalami peningkatan sedikit.
"Walaupun terjadi peningkatan jumlah penumpang, namun jumlahnya masih normal dan angkutan kita masih mampu menampung seluruh penumpang, yang ada,"ucapnya.

Disebutkannya, jumlah armada bus Datra trayek Sidikalang-Medan jumlahnya ada sekitar 60 unit. Kalau tidak terjadi kemacetan di jalan, semua penumpang bisa berangkat sesua jadwal dan tidak perlu armada tambahan dari luar daerah.

"Kalau seperti tahun lalu, karena terjadi kemacetan di Berastagi dan Sembahe banyak armada kita yang terlambat sampai ke stasiun. Sehingga terjadi penumpukan penumpang dan kita terpaksa meminta bantuan armada lain dari daerah terdekat seperti, bus Sinabung Jaya, Sutra dan Murni transport untuk mengatasinya," ucapnya namamu

Sementara saat ditanya, lonjakan penumpang tahun ini dibanding tahun lalu, Simarata mengatakan, kalau tahun ini jumlah penumpang mengalami penurunan draris hingga 40 persen.

"Mungkin faktor ekonomi tahun ini yang lagi lesuh, ditambah lagi banyak perantau yang menggunakan mobil pribadi dan mobil rental pulang ke kampung halamannya yang mengakibatkan jumlah penumpang menurun,"ujar Simarata.

Sementara, Simson Rumahpea (43) warga Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang yang akan pulang ke Medan ditemui di stasiun Datra mengatakan, kalau dirinya bersama keluarganya sudah menunggu selama 2 jam di loket dan belum tau jam berapa akan berangkat.

"Kalau libur Natal dan Tahun Baru seperti sekarang ini sudah biasa mengantri di stasiun, karena membludaknya jumlah penumpang. Kemarin juga waktu akan mudik dari Medan menuju Sidikalang mengantri juga seperti ini.

"Jumlah penumpang tahun ini tidak sebanyak tahun lalu, biasanya bus dari luar daerah sudah banyak berdatangan membantu mengangkut penumpang,"ucap Simson.

Terpisah, Lomora Pasi petugas loket stasiun bus Sinar Sepadan jurusan Sidikalang-Pematang Siantar saat ditemui menyampaikan, kalau jumlah penumpang yang akan menuju ke Pematang Siantar sedikit meningkat usai libur Natal dan Tahun Baru ini.

"Dalam dua hari ini jumlah penumpang yang menuju Pematang Siantar mengalami peningkatan. Untuk menghindari penumpukan penumpang kami telah minta bantuan armada bus Sinar Sepadan dari Kabupaten Karo," sebutnya

Ditambakan Lomora, lonjakan jumlah penumpang arus balik diperkirakan puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu nanti, karena Hari Senin (6/1/2020) sudah memasuki hari kerja dan sekolah.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini