Apel Kesiapan Antisipasi Becana Alam Digelar di Kabupaten Pakpak Bharat

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Bertempat di lapangan Napasengkut  Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat dilaksanakan apel Kesiapan Antisipasi Penanggulangan Bencana Tingkat Kabupaten tahun 2020 bersama TNI/Polri dan Pemda, Kamis (16/01/2020).

Apel siaga Penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kabupaten P. Bharat Tahun 2020 terdiri dari unsur TNI, POLRI, Satpol PP, Polhut, Basarnas, Damkar, BPBD, Dishub, PMI, Tagana Pramuka, Ormas PP.

Usai pelaksanaan apel, Kpt. Czi M. Tampubolon mewakili  Dandim 0206/DR Letkol Arh Hadi Purwanto, SH kepada kalangan wartawan menyampaiakan pentingnya kesiapsiagaan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana mengingat wilayah Kabupaten P. Bharat  mempunyai potensi rawan bencana alam diantaranya banjir dan tanah longsor.
“Jadi semuanya kita terapkan sistem early warning, kita harus serius, perlu dilaporkan apabila terjadi sedikit saja gejala alam, harus saling komunikasi, maka dari itu harus dibentuk tim pendeteksi mulai dari awal,” terang Letkol Arh. Hadi P.

Dandim juga mengingatkan agar kompetensi tentang kebencanaan harus disiagakan, jangan sampai terlambat apabila ditemukan gejala alam yang tidak wajar. “Setiap kekurangan baik berupa alat atau pun SDM harus segera dikoordinasikan dan disiapkan apalagi di daerah  sering longsor, jadi alat-alat berat kita fokuskan,” tegasnya.

Pada intinya, Dandim juga mengatakan jika bencana alam adalah hal yang tidak dapat di cegah, tetapi yang lebih penting bagaimana upaya untuk meminimalisir dampak yang kemungkinan terjadi akibat bencana.(ds/Hartono)
Share:
Komentar

Berita Terkini