Usai Makan Nasi Sukuran,Puluhan Warga Desa Lubuk Palas Muntah Muntah Diduga Keracunan

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
Teks foto : Para korban saat memperoleh perawatan dirumah sakit HAMS
dailysatu.com - Puluhan warga Desa Lubuk Palas Dusun IV Kecamatan Silo Laut Kabupaten Asahan, diduga keracunan makanan setelah memakan nasi sukuran yang diberikan oleh tetangga mereka yang buat hajatan,Sabtu (7/12/2019).

Akibatnya,sebanyak 25 orang warga yang keracunan makanan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Haji Abdul Mannan Simatupang (RSU HAMS ) Kisaran,untuk dirawat secara intensif.

Informasi yang diperoleh awak media ini dari Suminah (49) warga setempat yang ditemui di RSU HAMS menyebutkan, awalnya pada Jumat sore, dirinya dan anaknya datang ke acara syukuran kelahiran anak tetangganya.
Usai itu,tetangganya memberikan nasi urab kepadanya dan warga lainnya sebagai tanda terimakasih atas kedatangan mereka karena mengunjungi tetangganya.

Namun, setelah mereka pulang kerumah dan mengkonsumsi nasi urab yang dalamnya berisikan telur,sayuran dan kelapa parut . Siap dimakan dan habis disantap nasi yang dibungkus dengan daun pisang itu. Tiba-tiba,anaknya Al Hafiz (7) mengalami muntah-muntah yang berulang kali.

Melihat anaknya muntah muntah terus menerus,dia langsung pergi kerumah tetangga lainnya untuk menanyakan hal itu kepada tetangga sebelah rumahnya. Akan tetapi, tetangga dan anaknya pun juga mengalami hal sama dengan anaknya.

Melihat hal itu,diapun langsung menghubungi warga lainnya dan melaporkan masalah anaknya dan tetangganya ke Kades dan pihak lainnya. Setelah itu,anaknya dan warga lainnya dilarikan ke Puskesmas pembantu di Silo Laut.

Karena penanganan dan peralatan di Puskemas kurang memadai. Akhirnya, anak dan warga lainnya dilarikan ke RSU HAMS Kisaran.

"Selain anak Saya,ada anak tetangga dan pria dewasa serta Ibu-Ibu lainnya yang mengalami muntah muntah yang diduga keracunan makanan Dek," ujar Suminah pada awak media ini.

Terpisah,Asisten II Pemkab Asahan,Jhon Hardi yang didampingi Sekretaris BPBD,Khaidir Sinaga  yang dikonfirmasi wartawan di RSU HAMS mengatakan, warga Desa Lubuk Palas Dusun IV Ini diduga keracunan makan,makanya hampir semua warga mengalami muntah muntah usai mengkonsumsi makanan dari warga yang buat hajatan.

Pantauan wartawan di RSU HAMS,Sabtu (7/12) sekira pukul 10:10 WIB, melihat warga yang kena keracunan silih berganti dirujuk ke rumah sakit pemerintah itu menggunakan mobil ambulans dan mobil Camat.(ds/Hen)
Share:
Komentar

Berita Terkini