Mara Hasian Siregar : Dengan Adanya Dana Desa, Masyarakat TJ Baru Silaiya Puas

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo
Teks foto : foto kantor desa Tanjung Baru Silaiya Kec Dolsi Sumut

dailysatu.com-Dengan adanya dana desa (DD) Masyarakat Tanjung Baru Silaiya, Kecamatan Doli, Paluta mengaku puas.

Hal itu disampaikan Sekretaris Desa Tanjung Baru Silaiya Kecamatan Dolok Sigompulon (Kec Dolsi) Kabupaten Padang Lawas Utara (Kab Paluta) Sumatra utara (Sumut) Mara Hasian Siregar yamg mengaku masyarakat didesanya itu cukup puas dan bersyukur.

"Salah satu usaha Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam melakukan pemerataan di seluruh wilayah Indonesia di wujud kan melalui DD yang di alokasikan khusus dalam Anggaran Perbelanjaan Negara(APBN) DD pertama kali di gulirkan pada tahun 2015,"sebutnya kepada dailysatu,Minggu 29 Desember 2019.

Sehingga katanya, DD tersebut di anggarkan di perkirakan sudah ada jalan 4 (empat) tahun. Barang tentu khususnya lah masyarakat desa Tanjung Baru Silaiya pasti merasakan dampaknya yang cukup signipikan.

Untuk itu Mara Hasian Siregar menilai,
masyarakat di desanya tersebut pasti merasa puas karena, berkat DD beberapa pasilitas umum di desa Tanjung Baru Silaiya bisa terbangun.

Di contoh kan, Khususnya untuk TA 2019 ini akses ke tempat usaha tani mereka di Gariang yang letaknya di seberang sungai, sudah terbangun jembatan. Sehingga dari yang biasa kalo masyarakat mau ke ladang cukup susah, dan sekarang sudah mudah.

Sarana pasilitas umum lainnya juga seperti tempat mandi, cuci dan kakus (MCK) katanya sebentar lagi akan selesai, dimana sekarang masih tahap pengerjaan dan minggu ini klo sudah rampung katanya sudah bisa di manfaatkan.

Kemudian kata Sekdes yang di angkat menjadi penjabat kepala desa (PJ Kades) di desa Tanjung Baru Silaiya sejak tahu 2018 tersebut. untuk Naposo Nauli Bulung (NNB) pun di bangunkan lapangan Bad minton.

Kemudian untuk menambah keterampilan para kader pkk yang merupakan desa binaan sejak 2017, desanya juga adakan pelatihan jahit menjahit.

Selain itu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkatkan kampung atau setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, desa Tj Silaiya juga masuk program kampung KB sejak 2018.(ds/MALIK)


Share:
Komentar

Berita Terkini