Kursi Ketua DPRD Gunungsitoli Berpindah Tangan

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com - Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Sumatera Utara, Mery Donna Tiur Pasaribu SH MH, mengambil sumpah janji jabatan tiga pimpinan DPRD Kota Gunungsitoli dalam rapat paripurna istimewa.

Pengambilan sumpah janji tersebut berlangsung hikmat di gedung DPRD Kota Gunungsitoli, Jalan Gomo, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Rabu (04/12/2019).

Ketiga pimpinan yang diambil sumpah janjinya adalah Yanto sebagai Ketua dari PDI Perjuangan, Herman Jaya Harefa sebagai Wakil Ketua l dari Partai Demokrat, serta Imanuel Ziliwu sebagai Wakil Ketua ll dari Partai Hanura.
Di dua priode sebelumya, Yanto diketahui merupakan anggota DPRD Kota Gunungsitoli. Namun pada priode 2019-2024, Yanto berhasil menduduki kursi Ketua DPRD Kota Gunungsitoli menggantikan Herman Jaya Harefa.

Dalam pidato perdananya, Yanto mengatakan bahwa kepemimpinan DPRD yang bersifat kolektif kolegial harus diwujudkan melalui pengoptimalan fungsi dan tugas sebagai wakil rakyat.

Tentu dengan cara mengkomunikasikan bebagai masukan, saran, dan pendapat dari segenap anggota DPRD yang ada di fraksi, komisi, serta alat kelengkapan lainnya.
"Hanya semangat kebersamaan dan niat pengabdian yang tulus dapat menjalankan amanah sebagai wakil rakyat. Karena tugas DPRD merupakan tuntutan tanggungjawab atas fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan", terang Yanto.

Bila kedepan fungsi DPRD berjalan dinamis, lanjut Yanto, kiranya aspirasi masyarakat Kota Gunungsitoli harus tetap diperjuangkan. Jangan akibat perbedaan, terjadi perpecahan yang bersifat kontraproduktif antara sesama anggota DPRD.

"Tidak jaman kinerja DPRD diukur dari banyaknya Perda disetujui. Namun lebih terhadap pengoptimalan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. DPRD akan tetap bersinergi dengan pemerintah untuk menyusun anggaran sekaligus membahas program kegiatan perangkat daerah", ujar Yanto.

Sementara itu, Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, menyampaikan ucapan selamat bekerja kepada tiga pimpinan DPRD defenitif masa jabatan 2019-2024. Semoga amanah menjalankan tugas dan fungsinya.

"Saya berharap, pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Gunungsitoli dapat bersatu dalam mengawasi jalannya roda pemerintahan serta pembangunan daerah di Kota Gunungsitoli", kata Walikota. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini