Dalam Dakwaan Jaksa KPK, 7 Pejabat Pemko Medan Stor ke Dzulmi Eldin

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
Ilustrasi
dailysatu.com - Pada persidangan perdana dalam pembacaan surat dakwaan oleh jaksa KPK, dengan terdakwa Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kota Medan Isa Anshari, terungkap para pejabat Pemko Medan yang memberikan setoran-setoran atau memberikan sejumlah uang kepada mantan Walikota Medan Dzulmi Eldin.

Dalam dakwaan jaksa KPK yang dibacakan Zainal Abidin  dan Iskandar Marwanto di Pengadilan Tipikor Medan, pada, Senin (23/12), dimana, terdakwa Isa Anshari didakwa dengan dugaan pemberian suap Rp 530 juta kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin.

Dalam dakwaan yang disampaikan jaksa KPK dipersidangan yang terbuka untuk umum itu, terdapat beberapa pejabat (kadis dan direktur RS) memberikan atau menyetor uang kepada Walikota Medan. 

Inilah petikan dalam isi dakwaan yang dibacakan jaksa KPK tentang setoran bebrapa pejabar Pemko Medan ke Walikota Medan Dzulmi Eldin tersebut :

1. Kadis PU Kota Medan, Isa Anshari 
Di antaranya sebesar Rp 20 juta sebanyak 4 kali, hingga seluruhnya berjumlah Rp 80 juta. Lalu sebesar Rp 200 juta. Kemudian Rp 200 juta dan sebesar Rp 50 juta hingga jumlah seluruhnya sebesar Rp 530 juta kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin.

2. Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan, Suherman sejumlah Rp 200 juta, untuk bantuan biaya Walikota Medan Dzulmi Eldin dan rombongan kunjungan ke Jepang

3. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan, Iswar Lubis sejumlah Rp 200 juta, untuk bantuan Walikota Medan dan rombongan kunjungan ke Jepang.

4. Kadis PU Kota Medan, Isa Anshari sejumlah Rp250 juta.

5. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (Kadis PKPPR) Kota Medan, Benny Iskandar sejumlah Rp 250 juta.

6. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Medan, Edwin Effendi sejumlah Rp 100 juta.

7. Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan, Johan sejumlah Rp100 juta.

Sementara, rombongan yang berangkat ke Jepang, Walikota Medan Dzulmi Eldin dan istri Rita Maharani, Samsul Fitri, Andika Suhartono, Fitra Azmayanti Nasution, Musaddad, Iswar S, Suherman, T. Edriansyah Rendy, Rania Kamila, Hafni Hanum, Tandeanus, Vincent dan Amanda Syaputra Batubara, yang difasilitasi oleh ERNI Tour &Travel.

Sekaitan dengan hal itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (Kadis PKPPR) Kota Medan, Benny Iskandar, saat dikonfirmasi dailysatu.com, Kamis (26/12), melalui pesan singkat whatsApp, sekaitan setoran Rp250 juta tersebut, tidak ada jawaban.

Begita juga dengan Kepala Dinas Kesehatan Pemko Medan, Edwin Efendi terkait dengan setoran Rp100 juta, juga belum memberikan klarifikasi sampai berita ini diturunkan.(ds/lilik)
Share:
Komentar

Berita Terkini