117 Napi di Gunungsitoli Dapat Remisi Hari Natal

Dibaca:
Editor: Heri dailysatu author photo
dailysatu.com -  Sebanyak 117 Narapidana (Napi) nasrani di Lapas Kelas ll-B Gunungsitoli, Sumatera Utara, menadapat remisi Hari Natal, Rabu (25/12/2019).

Ditemui dailysatu.com, Kepala Lapas Kelas ll-B Gunungsitoli, Mohammad Ilham Agung Setyawan, menjelaskan bahwa napi yang mendapat remisi terdiri dari 115 napi pria dan 2 napi wanita.

"Dari 117, ada satu napi yang mendapat remisi terbesar yakni dua bulan. Napi tersebut di vonis 18 Tahun penjara atas kasus pembunuhan berencana. Selain itu, ada juga napi narkoba yang tidak tergolong masuk PP 99 mendapat resmisi", kata Ilham.
Meski demikian, lanjut Ilham, tidak ada napi yang langsung bebas. Sebab, ke 117 napi hanya mendapat remisi khusus sebagian atau RK-1.

"Ada dua syarat dalam pemberian remisi. Syaratnya adalah administratif dan substantif. Syarat administratif yang bersangkutan di pidana lebih dari enam bulan. Untuk syarat substantif, yang bersangkutan tidak melanggar tata tertib lapas, serta tidak pernah membuat onar", ujar Ilham.
Diakhir wawancara, Ilham mengatakan jika selama Tahun 2019 pihaknya telah memberi resmisi sebanyak tiga kali kepada napi. Yakni remisi umum di 17 Agustus, kemudian remisi khusus Hari Raya Idul Fitri, dan terakhir remisi khusus Hari Natal.

"Harapan kami, setelah menerima remisi napi dapat lebih menjadi baik dalam bersikap dan menjadi tauladan antara satu dengan yang lain", pungkas Ilham. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini