Rentetan OTT Dzulmi Eldin, Emilia Bilang Diperiksa Sebagai Saksi

/

/ Jumat, 01 November 2019 / 14.30 WIB
dailysatu.com - Dampak tertangkapnya mantan Walikota Medan Dzulmi Eldin dalam kasus dugaan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK beberapa waktu lalu sepertinya berimbas kepada pejabat di jajaran Pemko Medan.

Pasalnya, beberapa pejabat eselon II dan III di jajaran Pemko Medan tersebut satu persatu dipanggil oleh KPK untuk dimintai keterangan mereka terkait kasus yang menimpa mantan Walikota Medan tersebut.

Dan salah satunya yang dipanggil dan diperiksa oleh KPK ialah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis, di gedung Kejaksaan Tinggi Sumut, pada, Kamis (31/10) kemarin.

Dalam klarifikasinya saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat whatsapp, Kamis kemarin, Emi dipanggil dan diperiksa sebagai saksi. " Sebagai saksi lik," ujarnya singkat.

Namun pada, Jumat (1/11), saat ditanya kenapa dirinya diperiksa sebagai saksi,  dan apa kaitannya dengan kasus OTT tersebut, serta berapa jam diperiksa dan juga poin pertanyaan apa saja yg ditanyakan, hingga berita ini diturunkan belum memberikan klarifikasi.

Sementara sebelumnya, Informasi dihimpun wartawan, beberapa pejabat Eselon II yang telah dipanggil dan diperiksa KPK, di gedung Kejatisu, di Jalan AH Nasution Medan, pada Rabu (30/10), diantaranya, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Khairunisa, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) atau disebut Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Medan Suherman dan Kabag Perlengkapan dan Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Medan S I Dongoran.

Selanjutnya, pemeriksaan juga dilakukan terhadap Aidil Ajudan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Staf Protokoler Andika dan Kabag Hukum Setda Kota Medan Bambang.

Sementara pada Kamis (31/10), Tim penyidik KPK tiba di Gedung Dengan Kejatisu dengan mengendarai 4 mobil, tim KPK membawa 4 Koper besar dan 1 Box besar.

"Hari ini , recananya Tim KPK akan melakukan pemeriksaan terhadap 6 pejabat Pemko eselon II, 1 pejabat eselon III dan 2 anak Walikota Medan T. Dzulmi Eldin serta 1 supir," ucap Juru Bicara KPK Febriansyah melelui media Whats Upp kepada wartawan,  Kamis (30/10).

Adapun nama-nama yang terperiksa saat ini  dalam perkara TPK Dugaan Suap Terkait dengan Proyek dan Jabatan pada Pemerintah Kota Medan Tahun 2019 diantaranya :

1. Edliaty Kadis, Koperasi Kota Medan
2. Junaidi, Sopir Walikota Medan
3. Dra. Hannalore Simanjuntak Kadis Ketenaga Kerjaan Kota Medan
4. Dammikrot, Kadis Perdagangan Kota Medan
5. Ir. Rizfan Juliardy Hutasuhut, Mm Kabid Tata Kelola Air Dan Drainase Perkotaan Dinas Pu Kota Medan
6. Ir. Qamarul Fattah, Kadis Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan
7. Rania Kamila , Anak Walikota Medan
8. Rendy Edriansyah Eldin, anak Walikota Medan
9. Emilia Lubis, Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan.
10. Iswar Lubis Kadis Perhubungan Kota Medan

Pemeriksaan saksi2 dalam perkara ini telah dilakukan sejak Selasa (29/10). Sekitar 12 orang saksi telah diperiksa yang terdiri dari unsur:

- Anggota DPRD Sumatera Utara
- Pejabat SKPD Kota Medan
- keluarga Walikota Medan
- Swasta

Sementara itu, Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian, kemarin mengatakan, pemeriksaan dilakukan hingga Jumat. 

"Iya benar, pada Minggu ini sejak kemarin pihak KPK telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Dalam hal pinjam tempat proses pemeriksaan dari hari Senin sampai Jumat," tandasnya. (ds/lilik).
Komentar Anda

Berita Terkini