Pekan Depan Tatib dan AKD DPRD Medan Disahkan

/

/ Selasa, 19 November 2019 / 12.05 WIB

dailysatu.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan kemungkinan akan mengesahkan Tata Tertib (Tatib) DPRD melalui sidang paripurna pada pekan depan.

Bersamaan itu juga, DPRD Medan akan mengumumkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

"Maunya kami (DPRD) cepat.Untuk di tingkat kita (DPRD, red) sendiri sudah selesai.Sebab, saat ini draf Tatib diajukan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk dieksaminasi,"sebut Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Bahrumsyah, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin 18 November 2019.

Disinggung soal AKD,kata Bahrumsyah, berdasarkan PP 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, Dan Kota, Pasal 31 bahwa jabatan unsur pimpinan di Komisi yakni selama 2 tahun 6 bulan.

“Hasil rapat pimpinan bersama pimpinan fraksi, disepakati penempatan AKD sifatnya proporsional,” katanya.

Dijelaskan untuk pimpinan AKD di Komisi, PDI Perjuangan dan Gerindra masing-masing mendapat jatah dua Ketua Komisi.

Kemudian, PKS, PAN, Golkar dan NasDem masing-masing 1 Ketua Komisi.

"Jadi, dalam satu periode ini, sesuai hasil kesepakatan seluruh fraksi untuk unsur pimpinan di Komisi itu berjumlah 24 yang terdiri 8 Ketua Komisi, 8 Wakil Ketua dan 8 Sekretaris yang dibagi selama 2 tahun 6 bulan,"jelasnya.

Proprosional yang disepakati selama 5 tahun (periode 2019 – 2024) alokasi ketua komisi untuk 2 tahun 6 bulan. Artinya, dalam setahun paling cepat dilakukan pergantian oleh partai bersangkutan.

“Boleh diroling jatah ketua komisi-nya oleh fraksi itu (proporsional), bukan roling dengan fraksi lain seperti selama ini,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Medan lainnya, Ihwan Ritonga menyampaikan hal yang sama. Bahwa, Tatib dan AKD DPRD Medan bakal disahkan pekan depan.

Soal AKD Komisi, kata Ihwan Ritonga, sudah disepakati dan sesuai proporsional berdasarkan jumlah kursi di DPRD Medan.
(ds/romisyah)





  
Komentar Anda

Berita Terkini