Kalapas Gunungsitoli tak Lapor Polisi Ada Napinya Meninggal

/

/ Selasa, 05 November 2019 / 19.58 WIB

dailysatu.com - Seorang narapidana lembaga permasyarakatan (Lapas) kelas ll-B Gunungsitoli, Sumatera Utara, meninggal dunia, Senin (4/11/2019).

Hingga kini, Polres Nias belum bisa menyimpulkan penyebab kematian narapidana asal Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias tersebut.

Tetapi menurut pengakuan Kalapas Mohammad Ilham SH, MH, melalui via WhatsApp kepada sejumlah wartawan, Selasa (5/11/2019), kematiannya akibat sakit pernafasan.

"Benar ada warga binaan yang meninggal. Dia meninggal karena sesak nafas. Sebelum meninggal petugas mengetahuinya, lalu melaporkan kepada saya. Kemudian saya perintahkan di bawa ke RSUD Gunungsitoli, namun naas nyawanya tidak tertolong", kata Ilham.

Untuk identitasnya, lanjut Ilham, narapindana itu bernama Otorius Lase, 16 Tahun, bernomor Reg: BI/01/A/2019, yang diketahui merupakan warga Dusun lll Samaeri, Desa Tagaule, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias.

"Dia menjadi warga binaan terhitung sejak beberapa bulan lalu atas pelanggaran Pasal 340 KUHP, dengan vonis 6 tahun penjara. Kami sudah berkordinasi dengan keluarga, saat ini jenasahnya telah di bawa pihak keluarga ke kampung halaman" terang Ilham.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Nias, Iptu Martua Manik SH, MH, menyebut bahwa sebaik meninggal dunia pihak lapas tidak ada melakukan kordinasi dengan Polres Nias terkait penyebab kematian narapidana tersebut.

"Kabar itu benar, anggota saya sedang bergerak ke sana. Kami baru aja mendengar kabar, anggota reskrim yang piket mengecek penyebab kematiannya", ujar Manik.

Manik menjelaskan, jika dia sempat menanyakan kepada anggotanya apakah pihak lapas ada berkordinasi terkait kematian Otorius. Namun anggotanya menjawab tidak ada.

"Kami belum melakukan visum, masih dalam pengecekan. Kita tunggu aja kabar dari anggota yang sedang berada di lokasi", pungkas Manik. (ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini