Immanuel Sembiring : Pemkab Karo Diminta Bangun Unit Damkar di Daerah Terdampak Sinabung

/

/ Senin, 04 November 2019 / 19.35 WIB
Ketua Fraksi NasDem DPRD Karo, Immanuel Sembiring

dailysatu.com-Ketua Fraksi NasDem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karo, Imanuel Sembiring meminta kepada Pemerintah Kabupaten Karo untuk membangun unit Pemadam Kebakaran di dua Kecamatan terdampak bencana erupsi gunung sinabung.

Imanuel Sembiring mengatakan, Pengadaan Unit Pemadam Kebakaran sangatlah diperlukan bagi masyarakat yang bermukim di Kecamatan Namanteran dan Simpang Empat Karo, karena daerah itu kerap terpapar abu erupsi gunung sinabung yang masih aktif.

"Khusus di Kecamatan Namanteran dan Simpang Empat, selama ini jika terjadinya kebakaran rumah atau erupsi gunung sinabung masyarakat kewalahan karena petugas Pemadam Kebakaran harus menempuh jarak sekitar 20kilometer dari Kota Berastagi dan Kabanjahe untuk tiba dilokasi. "katanya saat ditemui di gedung DPRD Karo, Kabanjahe, Karo, Senin 4 November 2019.

Dia mengungkapkan, Pemkab Karo harus segera membangun fasilitas tersebut, karena dengan adanya Unit Damkar yang baru, nantinya armada tersebut tidak hanya dipakai untuk kegiatan umum, namun dapat dipakai untuk membersihkan abu vulkanik gunung sinabung yang kerap menyelimuti pemukiman warga saat erupsi terjadi.

"Melalui Fraksi Partai Nasdem DPRD Karo kami berupaya mendorong Pemkab Karo agar Unit Damkar tersedia di dua Kecamatan itu. Karena selama ini jika erupsi datang, abunya menyelimuti pemukiman warga, mulai dari rumah, sekolah, serta lahan pertanian dan jalan raya biasanya lama baru akan dibersihkan karena keterbatasan unit tersebut. Apalagi jika terlalu lama dibersihkan, kita khawatir paparan abu dapat menganggu aktifitas dan kesehatan warga terutama anak-anak dibawah umur. "pungkasnya. (ds/Brama)
Komentar Anda

Berita Terkini