Festival Tari Kreasi Meriahkan Penyambutan Hari Jadi Gunungsitoli

/

/ Jumat, 22 November 2019 / 09.00 WIB
dailysatu.com - Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar festival dan kreativitas seni budaya di Taman Ya'ahowu, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli. Rencananya festival berlangsung selama tiga hari ke depan.

Bukan tanpa sebab, festival yang di isi dengan kolaborasi antara tari kreasi dan musik tradisional itu digelar dalam rangka menyambut hari jadi Kota Gunungsitoli Ke 11 Tahun yang jatuh, Selasa (26/11/2019) mendatang.
Didampingi Sekda Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega, Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua membuka secara resmi pelaksanaan festival dan kreativitas seni budaya. Selain Sekda, tampak Ketua TP-PKK, Asisten ll dan lll, serta Kadis Parbud ikut menghadiri pembukaan festival tersebut.

Ditemui dailysatu.com, Kadis Parbud Kota Gunungsitoli, Meiman Harefa, menjelaskan bahwa festival digelar dalam rangka menyambut hari jadi Kota Gunungsitoli yang Ke-11. Kemudian untuk memotivasi pelajar dan sanggar seni budaya agar tetap melestarikan warisan leluhur.
"Festival di isi dengan pertujukan kreasi tari yang dikolaborasikan dengan alat musik tradisional nias. Ada tari maena, tari humba, tari y'aahowu, dan tari folaya ba gowasa. Seperti biasanya, yang menjadi juara tentu mendapat uang pembinaan", kata Meiman.

Selain festival dan kreativitas seni budaya, lanjutnya, penyambutan hari jadi Kota Gunungsitoli turut di isi dengan kegiatan pelayanan kesehatan gratis, pasar murah, stand produk UMKM/BUMN, penampilan Band/Artis lokal, serta penanaman pohon.
"Temanya adalah, Bergerak Dalam Harmoni menjadikan Kota Gunungsitoli Maju, Nyaman, dan Berdaya Saing. Harapannya, semoga ke depan Kota Gunungsitoli dapat menjadi lebih baik lagi baik dari sisi pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian dari sebelumnya", pungkas Meiman.

Berdasarkan informasi dihimpun dailysatu.com, adapun peserta yang mengikuti festival dan kreasitivitas seni budaya tersebut, yakni.

1. Sanggar Fotuwu SDN Tohia.
2. Sanggar Bira Ogaena.
3. SMP-N 3 Gunungsiotoli.
4. SMP-N 2 Gunungsitoli.
5. SMP-N 4 Gunungsitoli.
6. SMP-N 1 Gunungsitoli.
7. SMA-N 3 Gunungsitoli.
8. SMA-N 1 Gunungsitoli.
9. SMA-S Pembda 1 Gunungsitoli.
10. SMA-S Pembda 2 Gunungsitoli.
11. STP Dian Mandala Gunungsitoli.
12. STIE Pembnas Nias-Gunungsitoli.
13. Omega Star.(ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini