Akhyar : Hoax Picu Terjadinya Perpecahan

/

/ Selasa, 26 November 2019 / 19.12 WIB
dailysatu.com - Pelaksana tugas (Plt)  Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (Bakomubin) Kota Medan berperan serta dan aktif dalam upaya untuk menangkal berita bohong (hoax) yang belakangan banyak beredar di tengah-tengah masayarakat.

Sebab, hoax dapat menjadi pemicu dan penyebab terjadinya perpecahan persatuan dan kesatuan antar umat terlebih yang berkaitan dengan isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

Harapan tersebut disampaikan Plt Wali Kota ketika menerima audiensi Bakomubin Kota Medan di Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Senin (25/11/2019). Selain bersilaturahmi, kedatangan Bakomubin juga bertujuan untuk menyampaikan berbagai program yang mereka miliki dalam kurun waktu lima tahun mendatang diantaranya membentuk Ustadz Anti Hoax (UAH), Ustadz Ramah Lingkungan (URL), Ustadz Melek Media (UMM), Ustad Anti Narkoba (UAN) dan Ustadz Gemar Menulis (UGM).

‘’Alhamdulillah, berbagai program yang dimiliki kiranya mampu menjadi modal untuk meminimlisir berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Apalagi terkait hoax, seiring majunya tekhnologi, maka semakin banyak dan mudah pula pihak-pihak tidak bertanggungjawab menyebarkannya. Tentu bukan hal mudah untuk membendungnya, karena siapapun bisa mengakses hal tersebut. Ini menjadi tugas/PR kita bersama. Apalagi tidak jarang hoax yang beredar merugikan berbagai pihak baik masyarakat maupun pemerintah,’’ kata Plt Wali Kota.

Di samping itu, Plt Wali Kota juga mengungkapkan, program-program yang dicanangkan Bakomubin juga selaras dengan concern Pemko Medan khususnya dalam hal kebersihan. Sebab, saat ini Pemko Medan terus berusaha mengimbau, mengajak dan mengedukasi masyarakat agar peduli pada kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Salah satunya adalah lewat gerakan ‘Lihat Sampah Ambil’ (LISA) serta mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, Ketua Bakomubin Kota Medan Jaini Purba menyampaikan maksud dan tujuannya kepada Plt Wali Kota. Dirinya menuturkan, program seperti UAH, URL dan UMM menjadi bentuk kontribusi dan dedikasi Bakomubin pada Kota Medan agar dapat menjadi lebih baik dalam segala bidang.  Untuk itu, pihaknya hadir beraudiensi ke Plt Wali Kota untuk meminta dukungan serta menselaraskan program yang ada.

‘’Kami berterima kasih kepada Bapak Plt Wali Kota, atas sambutan dan dukungan yang diberikan. Ini tentu menjadi semangat bagi kami untuk menjalankan program yang telah dicanangkan. Apalagi kami meyakini bahwa Bapak Plt Wali Kota merupakan sosok pemimpin yang peduli dan bertanggung jawab pada kemaslahatn umat serta lingkungan sekitar. Semoga sinergitas dapat terbangun demi Kota Medan yang lebih baik untuk membangun ummat,’’ ujar Jaini.(ds/Lilik)
Komentar Anda

Berita Terkini