Pemkab Labura Gelar Pelatihan Open Source Bagi Pelajar

/

/ Jumat, 04 Oktober 2019 / 18.50 WIB
dailysatu.com -  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar acara pelatihan Open Source bagi anak sekolah dan komunitas, Jum'at (4/10/2019)  di Grans Hotel Aek Kanopan.

Bupati Labura H. Kharuddin Syah, SE yang diwakili oleh Kadis Kominfo Drs. Sugeng membuka acara secara resmi dan membacakan pidato tertulis Bupati.

Dalam arahannya, Bupati mengapresiasi Satuan Karya Pramuka Komunikasi dan Informatika (Saka Kominfo) yang sudah dilantik pada tahun 2018 lalu.

Lebih lanjut, dalam sambutan tertulisnya Bupati mengatakan Saka Kominfo merupakan Saka yang pertama kali dilantik untuk OPD yang ada di Kabupaten Labura.

Bupati berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan Open Source ini kepada adik-adik Pramuka dapat mengikuti arus perkembangan Teknologi dan Informasi, dan bersaing di kancah Nasional serta dapat mengharumkan nama Kabupaten Labura.

Sebelumnya, laporan ketua panitia penyelenggara yang di sampaikan oleh Endra Budi, S.Kom mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan Open Soucre  ini berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Kominfo pada tanggal 25 September 2019 tentang pembentukan panitia kegiatan pelatihan open source bagi anak sekolah dan komunitas dilingkungan Pemkab Labura.

Lebih lanjut, Endra mengatakan maksud kegiatan ini untuk memberikan pemahaman anak-anak sekolah dan komunitas Saka Kominfo tentang perangkat lunak yang memiliki hak cipta atau lisensi dan perangkat lunak yanh open source atau Kode sumber terbuka.

Dengan diadakan nya pelatihan ini, Endra Budi, S.Kom selaku Kabid TI yang membidangi acara itu berharap kepada adik-adik Pramuka dapat memahami perangkat lunak open source, serta terwujudnya peningkatan kualitas SDM terutamanya anak-anak sekolah dan Komunitas Saka Kominfo.

Pelatihan Open Source itu juga di isi oleh pemaparan yang disampaikan Adam Margolang, S. Kom dan H. Sukardi Wartawan AntaraNews.

Pelatihan ini ini di laksanakan selama 3 hari dan akan dilanjutkan dengan Perkemahan Bakti Saka Kominfo pada tanggal 18 dan 19 Oktober 2019 di Terjun Pelangi Desa Kuala Beringin.- (ds/din hsb)
Komentar Anda

Berita Terkini