Pelaku IKM Gunungsitoli Dilatih Mengolah Pisang Jadi 5 Produk Kuliner

/

/ Senin, 28 Oktober 2019 / 21.35 WIB
dailysatu.com - Sebanyak 20 pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kota Gunungsitoli, Suamtera Utara, dilatih mengolah buah pisang menjadi lima produk kuliner khas Nias.

Pelatihan sekaligus pembinaan pelaku IKM itu digelar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagrin) Kota Gunungsitoli di Museum Pusaka Nias, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Gunungsitoli.
Kepada dailysatu.com, Senin (28/10/2019) siang, Kasi Pembinaan dan Pengembangan Usaha Industri pada Disperdagrin Kota Gunungsitoli, Karnius Zalukhu ST, mengatakan bahwa peserta dilatih cara membuat tepung, selai, sirup, keripik, dan bubur bayi dengan bahan dasar buah pisang.

BACA | Disperdagrin Gunungsitoli Latih 25 Pelaku UMKM di Gusel 

"Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas, kemampuan, karakter, pengembangan, serta menyukseskan pelaku IKM di Kota Gunungsitoli. Saat keterampilan meningkat, maka akan memengaruhi tingkat produktivitas usaha mereka", ujar Karnius.
Dia menambahkan, pelatihan terhadap IKM diharpakan dapat memotivasi, menambah wawasan, serta referensi pelaku IKM dalam aktivitas usahanya.

"Pelatihan juga memberi banyak keuntungan pada usaha yang sedang dilakukan. Karena pelaku IKM akan mengetahui cara menjalankan usaha dengan strategi yang benar. Sehingga produktifitas dan penghasilan meningkat", pungkas Karnius. (ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini