Normalisasi Sungai & Bangun Fly Over, Akhyar Minta Dukungan DPD RI

/

/ Selasa, 29 Oktober 2019 / 07.30 WIB
dailysatu.com - Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar  Nasution MSi menghadiri acara ibadah syukur atas pelantikan Pdt DR Willem TP Simarmata MA menjadi anggota Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), di Wisma Taman Sari Jalan Kapten Muslim Medan, Minggu (27/10/2019).

Kehadiran Plt Wakil Wali Kota turut didampingi Kadis Tenaga Kerja Kota Medan Hannalore Simanjuntak, Kepala Kesbanglinmas Sulaiman Harahap serta Kabag Agama Setdako Medan Adlan. Acara yang berlangsung  khidmat dan penuh rasa kekeluargaan tersebut dihadiri ratusan undangan.

Plt Wali Kota mengatakan, sangat senang bisa hadir dalam acara ibadah syukur. Kemudian seluruh jajaran Pemko Medan mengucapkan selamat bertugas di DPD RI. Di kesempatan itu Plt Wali Kota juga sangat mengharapkan dukungan Pdt DR TP Simarmata MA agar mendukung penuh pembangunan di Kota Medan, terutama pembangunan infrastruktur baik jalan maupun drainas.

Salah satu persoalan yang menjadi fokus perhatian Pemko Medan saat ini, jelas Plt Wali Kota, masalah banjir yang pemicu utamanya akibat tujuh sungai yang melintasi Kota Medan mengalami pendangkalan dan penyempitan.

 "Ada 7 sungai yang melintasi Kota Medan sudah puluhan tahun tidak pernah dinormalisasi sekalipun. Akibatnya setiap kali hujan deras menyebabkan sungai yang ada tidak dapat menampung debit air sehingga meluap. Untuk itu kami berharap kepada Bapak Pendeta agar menyampaikan kepada pemerintah pusat untuk membantu menormalisasi ketujuh sungai tersebut," kata Plt Wali Kota.

Selain normalisasi sungai, Plt Wali Kota juga minta bantuan pembangunan fly over maupun Underpass di sejumlah persimpangan yang selama ini rentan dengan kemacetan. Akhyar optimis apabila pembangunan fly over dan underpass ditambah dapat membantu mengurai kemacetan yang selama ini terjadi.

Dihadapan ratusan undangan yang hadir, Akhyar tak lupa mengajak untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, berdasarkan hasil pengumpulan sampah  yang dilakukan selama ini, sebagian besar sampah yang dihasilkan rumah tangga didominasi plastik. Padahal bilang Akhyar, sampah plastik menimbulkan pencemaran lingkungan dan tidak dapat diurai walaupun dalam waktu sangat lama.

"Untuk itulah melalui momen acara ini, saya mengajak semua yang hadir agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Seluruh jajaran Pemko Medan saat ini  telah diinstruksikan untuk mengurangi penggunaan plastik, termasuk penggunaan air kemasan maupun makanan yang menggunakan pembungkus plastik. Jika semua dapat menerapkannya, insya Allah kita dapat mengurangi sampah plastik sekaligus menjaga kelestarian alam dan lingkungan," harapnya.

Sebelumnya, Mayjen TNI Pur Sumiharjo Pakpahan dalam sambutannya mengungkapkan,  ketokohan Pdt DR TP Simarmata tidak diragukan dan selama ini dikenal  bisa menyelesaikan masalah. Itu sebabnya dia menilai, kehadiran Simarmata di DPD RI sangat tepat sehingga nantinya diharapkan dapat menyelesaikan semua permasalahan yang masuk di DPD, terutama masyarakat kepentingan Sumut.

"Saya menilai sangat berat tugas opung dalam mengemban tugas yang baru. Tapi  dengan kemampuan selama ini, saya yakin opung dapat mengatasinya," kata Sumiharjo.(ds/Lilik)
Komentar Anda

Berita Terkini