Medan Tak Akan 'lepas' dari Banjir Jika Pemko Medan Tak Segera Bangun Waduk

/

/ Jumat, 11 Oktober 2019 / 14.20 WIB
Pemerhati Kota Medan, Ilhamsyah

dailysatu.com- "Bagaimana mengelola Medan ke depan harus segera difikirkan segera mungkin oleh Pemerintah Kota Medan kalau enggak Medan akan kayak gitu-gitu aja artinya Medan kalau hujan pasti banjir," kata Pemerhati Kota Medan, Ilhamsyah kepada dailysatu.com, Jumat 11 Oktober 2019.

Diakui mantan anggota DPRD Medan itu, Medan tidak akan mampu 'lepas' dari persoalan banjir jika Pemko Medan tidak segera mencari solusi untuk mengatasinya.

"Dari dulu sewaktu saya masih di DPRD Medan bahwa untuk mengatasi persoalan banjir solusinya adalah dengan membangun Waduk, "katanya lagi.

Sebab, lanjutnya, selama ini pengorekan parit dan pengerjaan infrastruktur adalah bagian dari pekerjaan.

"Dan itu tidak cukup, Pemko Medan harus berfikir untuk mengelola Medan kedepan,"tambahnya.

Soal atasi banjir,Ilhamsyah menganalogikan Pemko Medan ibarat orang naik kenderaan sepeda motor tanpa lampu pada malam hari. Dimana, pada saat itu karena berkendara tanpa lampu si pengendara berjanji besok hari akan memasang lampunya. Namun, saat sudah siang, si pengendara pun lupa memasangnya sehingga tanpa terasa haripun kembali malam dan lampunya pun tak terpasang lagi.

"Jadi, dulu juga ada wacana Pemko Medan akan membuat Waduk untuk atasi persoalan banjir terutama pada saat musim hujan datang.Namun, di saat masuk musim kemarau, Pemko Medan hingga saat ini tak pernah merealisasikan pembangunan waduk itu,"sebutnya.

Padahal, lanjutnya, pembuatan waduk di Medan sangat mendesak dilakukan oleh Pemko Medan. Dimana, keberadaan waduk itu nantinya selain untuk mengatasi persoalan banjir jika dikelola dengan baik maka air yang masuk ke Waduk itu bisa jadi sumber bisnis dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Medan.

Bayangkan, katanya, saat ini Medan itu kekurangan air sebesar 2.500 liter/detik.

"Jadi, jika nantinya air yang tertampung di waduk itu bisa tidak mungkin akan mampu menjadi sumber air yang bisa kerjasama dengan PDAM Tirtanadi untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Medan, "katanya lagi.

Disinggung soal anggaran untuk pembuatan Waduk itu, Ilhamsyah berkeyakinan para anggota DPRD Medan siap untuk mengalokasikan anggaran itu.

Apalagi, sepengetahuannya selama menjabat dua periode di DPRD Medan, ada anggaran yang disediakan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Kenapa anggaran itu (RTH) tidak dialihkan saja untuk bangun waduk itu.Saya yakin para anggota dewan mau alokasikan anggaran itu, "tambanhnya.(ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini