Dinas Kominfo Labuhanbatu Gelar Karya Tulis Jurnalistik

/

/ Jumat, 11 Oktober 2019 / 19.12 WIB
dailysatu.com – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu melaksanakan lomba Karya Tulis Jurnalistik dengan tema ” Membangun SDM unggul Labuhanbatu” yang dilaksanakan di Ruang Data Kantor Bupati Labuhanbatu jalan Sisingamangaraja Rantauprapat Sumatera Utara, Kamis (10/10/2019).

Menurut Laporan Ketua Panitia Kahirul Fahmi menyampaikan lomba karya jurnalistik dengan Perseta yang mendaftar sebanyak 24 peserta tetapi yang mengikuti lomba 18 peserta.

Acara lomba karya tulis jurnalistik ini dibuka oleh Bupati Labuhanbatu H. Andi Dalimunthe, ST.MT dan memberikan tanda peserta kepada 2 perwakilan peserta lomba.

Pada sambutannya Bupati Labuhanbatu menyampaikan bahwa perlombaan karya jurnalistik ini direncanakannya pada saat berbuka puasa bersama wartawan beberapa bulan yang lalu, dan wartawan Labuhanbatu lebih kurang 350 orang, tetapi yang mengikuti lomba hanya 18 orang, tidak apa berarti inilah wartawan Labuhanbatu yang terdepan, jelas Bupati.

H. Andi Suhaimi juga menyebutkan” saya selalu berkomitmen melaksanakan apa yang telah saya sampaikan kepada teman-teman wartawan, untuk pemenang nanti diberi hadiah umroh bagi yang beragama muslim dan bagi yang beragama Kristen diberikan uang sesui dengan biaya umroh, dan lima orang yakni juara 2 sampai 6 akan diberi cendera mata” jelasnya.

Bupati Labuhanbatu juga memaparkan program untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memberikan beasiswa kepada 1900 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019/2020, mahasiswa yang berprestasi sesui dengan IPK, Mahasiswa yang kurang mampu dan Masiswa yang dikirim ke Kairo.

Saya punya program utama untuk mempersiapkan anak – anak kita supaya memiliki SDM yang unggul untuk mempersiapkan kemampuan untuk mengikuti perkembangan zaman, dan menurut saya hal ini lebih penting ketimbang pembangunan fisik, karena pembangunan fisik itu akan berjalan dengan sendirinya tetapi menurut saya lebih penting kita kembangkan pembangunan SDM masyarakatnya, jelas Bupati.

Untuk mempersiapkan SDM Masyarakat H. Andi Suhaimi Dalimunthe juga mengaku telah memberangkatkan 60 orang petani ke Bogor yang dibagi menjadi dua kelompok untuk belajar di bidang perikanan dan peternakan, kita berharap sepulangnya mereka ke Labuhanbatu telah membawa ilmu yang akan digunakan di desa – desa untuk mengembangkan perikanan dan peternakan, kalau selama ini kita membeli bibit ikan dari luar, dengan pengetahuan yang mereka dapatkan dapat membuat bibit ikan sendiri dan pembuatan pakan, dan bagi kelompok peternakan, kita berharap mereka dapat ilmu untuk penggemukan lembu, pembibitan lembu dan membuat pakan permentasi.

Bupati juga menambahkan kalau dibidang pertanian, kita juga telah melakukan terobosan dan inovasi baru di Desa Berombang dengan pembenahan sistem perairan dengan menggunakan mesin pompa sehingga dimusim kemarau pun sudah dapat menanam padi dan kita berikan bibit unggul dan kita selalu berikan pengarahan sehingga panen kedua kemarin hasil panen nya sangat memuaskan rata – rata 6 sampai 8 ton per Ha, dengan demikian masyarakat dapat memperoleh penghasilan 70 sampai 80 juta per tahun dalam pengolahan lahan seluas 1 Ha, papar H. Andi Suhaimi Dalimunthe.

Bagi petani padi di Desa Selat Beting ini kita asuransikan, apabila gagal panen maka petani akan memperoleh asuransi Rp. 6.000.000,- per Ha, tegasnya.

Bupati Labuhanbatu berharap kepada wartawan agar membuat tulisan – tulisan untuk pembangunan Labuhanbatu dan silahkan disampaikan kritik tetapi untuk membangun jelasnya.

Perlombaan karya tulis Jurnalistik ini menghadirkan juri yang profesional dari Provinsi Sumatera Utara terdiri dari Saipul Anwar dan Susilo Hage sedangkan juri dari Kabupaten Labuhanbatu Saripudin dan Rando Makmur Siregar.

Acara ini dihadiri oleh Kadis Kominfo, Kanit Kominfo, Ketua PWI Labuhanbatu dan seluruh staf Kominfo. (Ds/Aji)
Komentar Anda

Berita Terkini