Sekda Asahan Turun Bersama 250 Orang Untuk Padamkan Kebakaran Lahan di Sei Kepayang

/

/ Selasa, 24 September 2019 / 17.29 WIB
Sekdakab Asahan Taufik ZA (dua dari kiri) didampingi Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu, memeriksa lahan sawit di Pasar XX, Desa Perbangunan, Kec Seikepayang, Kab Asahan yang terbakar

dailysatu.com-Untuk menekan kebakaran hutan di Sei Kepayang Kabupaten Asahan,yang mengakibatkan polusi udara sehingga mencermakan lingkungan. Bahkan membuat jarang pandang kabus akibat kabut efek asap.


Diperkirakan,sebanyak 250 orang Tim gabungan (BPBD Kab. Asahan,  Polres, Kodim 0208/As, Lanal TBA, Yonif 126/KC, Damkar Satpol PP, UPT Dishut Provsu - Kisaran,  Forkopincam Kec. Sei Kepayang) turun untuk memastikan pemadaman api di lahan sawit, Pasar XX, Desa Perbangunan, Kec Sei Kepayang.


Sekdakab Asahan Taufik ZA, dikonfirnasi Wartawan, Selasa (24/9) saat mengecek lokasi kebakaran lahan, menyebutkan kondisi lahan gambut yang terbakar, titik api dipermukaan sudah padam, namun lahan masih terasa panas mengeluarkan asap.


"Ini lahan gambut, tentunya apinya masih ada di dalam tanah, dan dikhawatirkan wilayah ini bisa terbakar kembali," jelas Taufik.


Oleh sebab itu, pihaknya beserta tim gabungan akan berusaha untuk memastikam api benar-benar padam.


"Kita akan terus menyemprotkan air, dan memastikan api benar-benar padam," jelas Taufik.


Taufik juga menjelaskan ketebalan gambut diperkirakan mencapai 0,5-1 meter, dengan luas lahan diperkirakan 20-30 hektare. Alat berat (eskavator) sudah turun ke lokasi untuk membuat kanal memutus aliran api.


"Kita sudah petakan untuk mengisolasi lahan, sehingga api tidak merambat," jelasnya.


Pihaknya juga sudah menurunkan 3 unit Damkar, untuk pemadaman api, dan sekarang masih dalam upaya pengendalian api.


Taufik juga berharap masyarakat ikut juga berpartisipasi ikut menekan kebakaran lahan, dan api tidak merambat.


"Kita usahakan api benar-benar padam," jelas Taufik.(ds/Hendri)



Komentar Anda

Berita Terkini