Pemko Gunungsitoli Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

/

/ Kamis, 26 September 2019 / 22.10 WIB
dailysatu.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana di Kota Gunungsitoli melalui sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2019, Kamis (26/9/2019) pagi.

Berdasarkan press release diterima dailysatu.com, kegiatan itu bertujuan menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi di wilayah Kota Gunungsitoli.

"Penanggulangan bencana menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Gunungsitoli. Dimana pelaksanaannya terstruktur, sistematis, efektif, dan terintegrasi dalam mewujudkan perlindungan yang aman dan tanggap bencana kepada masyarakat", kata Sekda Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega, dalam sambutannya.

Menindaklanjuti amanat UU Nomor 24 Tahun 2007 Pasal 27,  lanjut Sekda, setiap orang berkewajiban melakukan penanggulangan bencana. Untuk itu, pemerintan daerah telah menerbitkan regulasi yang mengatur penanggulangan bencana yakni melalui Perda Kota Gunungsitoli Nomor 2 tahun 2019.

Perda tersebut memberikan landasan berupa,
1. Adanya payung hukum yang memberikan mandat bagi perlindungan masyarakat dari risiko bencana.
2. Perubahan cara pandang dari responsif menjadi tindakan pencegahan dan kesiapsiagaan.
3. Terintegritasnya penanggulangan bencana dalam rencana pembangunan.
4. Penyelenggaraan penanggulangan bencana yang diatur dan dibiayai oleh anggaran pembangunan pemerintah pusat dan daerah.
5. Pembentukan suatu kelembagaan penanggulangan bencana yang kuat.

"Saya menitip pesan kepada peserta rapat, khusunya perangkat daerah supaya mengikuti rakor dengan serius. Karena penanggulangan bencana di Kota Gunungsitoli bukan hanya menjadi tanggungjawab BPBD, melainkan seluruh organisasi operangkat daerah", ujar Sekda. (ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini