Meriahkan Sail Nias, Disparbud Gunungsitoli Gelar Festival Seni Budaya

/

/ Sabtu, 14 September 2019 / 06.59 WIB

dailysatu.com - Dalam rangka memeriahkan Sail Nias, Pemerintah Kota Gunungsitoli, menggelar Festival Seni Budaya di Taman Ya'ahowu, Jalan Pintu Angin, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (12/9/2019).

Selain memeriahkan Sail Nias, gelaran festival juga bertujuan untuk memperkenalkan seni budaya Pulau Nias kepada wisatawan tingkat Nasional bahkan Internasional.

Adapun atraksi seni budaya yang ditampilkan adalah Tari Maena, Tari Ya'ahowu, Tari Folaya Ba Gowasa, Vocal Grub, Alat Musik Tradisional, serta Pagelaran Adat Pernikahan  (Feme'e Ono Nihale dan Fame'e Tou Ono Nihale).



Kepala Bidang Kebudayaan Kota Gunungsitoli, Atofao Telaumbanua S.Pd, mengatakan bahwa peserta yang mengikuti festival seni budaya tersebut berasal dari sanggar sekolah dan desa di wilayah Kota Gunungsitoli.

"Festival dilakukan untuk memotivasi sanggar seni budaya di Kota Gunungsitoli agar tetap menjaga dan melestarikan warisan leluhur. Harapannya ke depan, sanggar seni budaya yang ada dapat lebih mandiri dengan tidak bergantung pada dana pembinaan diberikan pemerintah daerah", ujar Atofao.

Dia juga menjelaskan, disisi lain festival  digelar dalam rangka menggali serta mengembangkan kembali seni budaya Pulau Nias yang selama ini belum diketahui masyarakat khusunya generasi muda.

"Kami juga sudah melatih siswa-siswi SD, SMP, dan SMA memainkan alat musik tradisional khas Nias. Ironisnya, banyak diantara mereka tidak mengenalnya. Namun setelah dilatih, mudah-mudahan mereka menjadi kenal bahkan suka memainkan alat musik tradisional tersebut", kata Atofao. (ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini