30 Kelompok Ikuti Festival Kuliner Khas Nias di Gunungsitoli

/

/ Jumat, 13 September 2019 / 15.44 WIB

dailysatu.com - Sebanyak 30 kelompok mengikuti Festival Kuliner Khas Nias yang diselenggarakan Pemerintah Kota Gunungsotoli, Sumatera Utara, di kawasan Taman Ya'ahowu, Jalan Pintu Angin, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (12/9/2019) pagi.

Ke 30 kelompok yang mengikuti festival sekaligus perlombaan itu berasal dari TP. PKK emam Kecamatan Gunungsitoli, SMK Tata Boga Se-Kota Gunungsitoli, dan pelaku usaha kuliner. Dimana masing-masing kelompok di isi tiga orang peserta.

Kepada dailysatu.com, Sekretaris Panitia, Sari Isa Harefa SE, mengatakan bahwa panitia melibatkan tujuh juri untuk menentukan kriteria cita rasa, kreatifitas, penampilan, keragaman kandungan gizi, dan presentasi dari hasil produk kuliner yang diolah peserta.
"Ada 6 tujuan dari penyelenggaraan festival kuliner tradisional khas Nias ini, yakni.

1. Melestarikan dan mengembangkan kuliner khas Nias ke tingkat Nasional bahkan Internasional.

2. Memperkenalkan kuliner khas Nias kepada generasi muda dan wisatawan.

3. Memotivasi masyarakat dan kaum muda untuk mencintai kuliner khas Nias.

4. Menginspirasi pelaku usaha dalam mengembangkan cita rasa kuliner khas Nias sekaligus menjadi pemacu pendapatan yang potensial.

5. Membudayakan kuliner khas Nias sebagai andalan dalam pertemuan resmi pemerintah dan swasta, serta.

6. Melengkapi daya tarik wisata Kota Gunungsitoli sebagai destinasi pariwisata kreatif", papar Sari.
Sari menambahkan, jika 30 kelompok dibagi menjadi empat katagori, diantaranya kelompok ragam makanan 9 peserta, lauk pauk 10 peserta, sayur mayur 5 peserta, dan kelompok panganan 6 peserta.

"Ke 30 kelompok nantinya memperebutkan uang pembinaan sebesar 7,5 juta rupiah. Selain itu, panitia juga akan memberikan piagam penghargaan kepada para pemenang", kata Sari menyudahi penjelasannya.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli SE, M.Si, menyebut jika festival kuliner khas Nias merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Sail Nias 2019.

"Event Sail Nias menjadi kesempatan emas bagi Kota Gunungsitoli dalam memperkenalkan kekayaan dan keberagaman budaya serta kulinernya kepada pengunjung ataupun wisatawan yang datang berkunjung", ujar Sowa'a.
Diharapkan, lanjut Sowa'a, festival kuliner dapat menjadi etalase untuk mengenal kembali warisan leluhur, sekaligus sarana mempromosikan kuliner khas Nias di kanca dunia.

"Semoga festival ini mampu merangsang kreatifitas pelaku usaha dalam menciptakan inovasi baru terhadap keberagaman kuliner khas Nias tanpa menghilangkan ciri khas dan kareakter yang dimiliki", pungkas Sowa'a. (ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini