Wagub: Perkuat Kerja Sama Kepegawaian Asia Tenggara

/

/ Rabu, 07 Agustus 2019 / 21.34 WIB
dailysatu.com - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum Kepegawaian tingkat ASEAN tahun 2019. Forum ini merupakan agenda pertemuan para pegawai negeri sipil di kawasan ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Cooperation on Civil Service Matters (ACCSM).

Acara yang berlangsung selama 4 hari (6-9/8/2019) di Kota Medan dan Kabupaten Samosir ini dihadiri perwakilan dari sembilan negara se-Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Thailand dan Vietnam. Ada dua agenda utama dalam pertemuan tersebut yakni The 2nd ASEAN Resource Center (ARC) Workshop dan Launching: ASEAN Pool of Experts on Civil Service (A-Expecs).

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyampaikan bahwa kedatangan tamu dari Negara-negara ASEAN merupakan sebuah kehormatan bagi Sumut. Sebagai tuan rumah pelaksanaan acara, tentu pihaknya akan memberikan suguhan terbaik kepada para tamu terhormat.

“Selamat datang dan terima kasih, karena kedatangan tamu serta para undangan yang hadir di acara yang digelar BKN ini,” ujar Wagub  pada acara Workshop dan Peluncuran A-Expecs di Hotel Four Points Medan, Selasa (6/8/2019) malam.

Hadir pada acara itu Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Kepala BKN Regional Medan English Nainggolan dan perwakilan dari sembilan negara se-Asia Tenggara. Kepada para tamu negara sahabat, Wagub menyematkan ulos dan cinderamata sebagai ungkapan penghormatan dan ucapa selamat datang. Juga ada penampilan penari menampilkan tari tradisional 8 etnik Sumut.

Forum ini, kata Wagub, adalah yang tertinggi dalam hal kerja sama antara Negara-negara ASEAN. Sejak 1981 sudah dilakukan dengan nama yang lain. Seiring perkembangan, namanya berubah menjadi ASEAN Cooperation on Civil Service Matter (ACCSM), yang merupakan media pertukaran informasi, inovasi dan praktik-praktik terbaik manajemen pelayanan publik di ASEAN.

“Kami berharap, forum ini dapat menjadi wadah untuk mempromosikan kerja sama pembangunan kapasitas, serta memperkuat kerja sama kepegawaian setingkat negara Asia Tenggara,” ujar Musa Rajekshah.

Atas nama Pemprov Sumut,  Musa Rajekshah juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BKN selaku focal point untuk ACCSM, yang menjadikan Sumut sebagai tuan rumah. “Semoga penyelenggaraan kegiatan ini membawa manfaat sebagaimana menjadi tujuan ASEAN,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wagub juga menjelaskan tentang kondisi kedaerahan Sumatera Utara, mulai dari data kependudukan hingga potensi ekonomi dan pariwisata. “Sumut memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi, seperti Danau Toba, Bukit Lawang, Tangkahan, dan destinasi wisata menarik lainnya. Juga ada berbagai kuliner dan hasil kerajinan Sumut yang patut dicicipi dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh, silahkan dinikmati,” ujar Wagub kepada para peserta yang hadir.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam sambutannya menyebutkan ada dua agenda utama dalam pertemuan tersebut, yakni Workshop dan Launching A-Expecs. A-Expecs merupakan aplikasi berbasis website yang mengintegrasikan data pakar-pakar di ASEAN untuk berbagi pemanfaatan. Misalnya memenuhi kebutuhan hadirnya narasumber dalam event human resource management (HRM).

“Bagaimana para expert (ahli) dari Negara-negara ASEAN bisa saling bertukar untuk membantu apa yang dibutuhkan satu negara.  Sehingga membantu meminimalisir gap pembangunan antar negara di ASEAN. Saat ini fokusnya masih terbatas pada bidang kepegawaian, khususnya administrasi publik dan manajemen SDM,” sebutnya.

Acara peluncuran aplikasi A-Expecs ditandai penekanan layar sentuh oleh Wagub Sumut dan Kepala BKN.(ds/Yen)
Komentar Anda

Berita Terkini