Terkesan Tak Peduli Resiko, PLN Wilayah Sumut Surati PLTM IPP Di Humbahas

/

/ Senin, 12 Agustus 2019 / 13.36 WIB
Teks foto : Pemasangan jaringan listrik di Humbahas yang terkesan semrawut.

dailysatu.com - Pemasangan  jaringan listrik yang tengah dikerjakan oleh pihak pengembang diantaranya PT.MPM (Mega Power Mandiri), PT.HBE (Humbahas Bumi Energi), dan PT.BEL (Bakara Energi Lestari) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menjadi sorotan masyarakat, bahkan sampai viral di media sosial facebook baru-baru ini.


Hal itu dikarenakan pemasangan jaringan listrik tersebut terkesan semrawut tanpa mengindahkan resiko terhadap pengguna jalan. Selain itu, pemasangan jaringan listrik berdekatan dengan pemukiman warga, sehingga menurut warga, keberadaan jaringan listrik tersebut akan mengancam keselamatan warga dari dampak radiasi yang di timbulkan.


PLN wilayah I Sumut ketika di mintai keteranganya melalui bagian Jaringan listrik, Rikki, terkait pemasangan jaringan listrik ini mengatakan, bahwa Pihak PLN  Wilayah Sumut sudah menyurati pihak pengembang PLTM IPP (Independent Power Producer) agar segera perbaikan jaringan yang cross dengan jalan agar secepatnya di ganti dengan pemasangan kabel bawah tanah.


"PLN sudah menyurati perusahaan, agar secepatnya perbaikan jaringan cross dengan jalan di ganti dengan pemasangan kabel bawah tanah,"katanya melalui pesan Whattsap.


Di tanya di mana saja titik pemasangan kabel bawah tanah, Rikki mengatakan,penggantian kabel tanah khusus dipersimpangan-persimpangan  yang bisa beresiko bahaya dan yang bisa menggangu pengguna jalan sesuai dengan hasil survey bersama dengan pihak pengembang.


"Jadi untuk pemasangan kabel  bawah tanah,khusus di persimpangan sesuai dengan surve dengan pengembang, jadi tidak semua jaringan diganti dengan Kabel tanah," katanya lebih lanjut.


Di singgung mengenai izin lingkungan yang di duga belum ada sampai saat ini, lagi-lagi Rikki  mengatakan, pihaknya nanti akan membahas hal ini pada pertemuan bersama dengan Pemkab Humbahas dan pihak-pihak terkait.


"nanti dibicarakan di pertemuan rapat dengan pihak-pihak terkait," jawabnya.


Saat ditanya kapan pertemuan akan dilaksanakan, Rikki mengaku, untuk pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bersama pihak pengembang, pihaknya masih menunggu agenda yang tepat, dimana pihak Pemkab Humbang Hasundutan melalui Dinas Lingkungan Hidup  sebelumnya sudah pernah mendatangi PLN wilayah Sumut untuk membahas tentang pemasangan jaringan listrik tersebut.


Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan, Minrod Sigalingging, mengatakan, bahwa  Pemkab Humbahas telah menyampaikan surat peringatan kepada pihak pengembang untuk segera mengurus Ijin Lingkungan, termasuk pengurusan Rekomendasi Pola Ruang agar sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.(ds/carlos)



Komentar Anda

Berita Terkini