Satika Simamora: Percepatan Ekonomi Kreatif Dapat Diwujudkan Apabila Tercipta Kerjasama Semua Pihak

/

/ Rabu, 07 Agustus 2019 / 08.00 WIB
Teks fot : Ketua Dekranasda Taput, Ny Satika Nikson Nababan boru Simamora, saat memperkenalkan berbagai hasil produksi binaan Dekranasda kepada rombongan BE KRAF.
dailysatu.com - Usai melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Pendaftaran Indikasi Geografis Kopi Arabika Sumatera Tapanuli Utara, rombongan Badan Ekonomi Kreatif (BE KRAF) yang diketuai Deputi  Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi, Ari Juliano Gema, mengunjungi Dekranasda Tapanuli Utara (Taput) yang berada di Pardangguran Jalan Tarutung-Balige Desa Hutagalung Siualuompu, Tarutung, Selasa (06/08/2019).

Kunjungan BE KRAF tersebut disambut oleh Wakil Bupati Taput, Sarlandy Hutabarat dan Ketua Dekranasda Ny. Satika Nikson Nababan boru Simamora yang didampingi beberapa pimpinan OPD dan para pengurus Dekranasda.

Pada saat kunjungan itu, Deputi bersama rombongannya mengungkapkan rasa kagum dan memuji kreatifitas Dekranasda Taput, serta tak lupa juga berbelanja beberapa produk hasil binaan Dekranasda tersebut.

“Luar biasa hasil kreatifitas Dekranasda yang mampu membina kelompok masyarakat untuk menghasilkan nilai ekonomi terutama dalam melestarikan budaya tenun ulos. Upaya seperti ini perlu pendampingan dan juga dipikirkan bagaimana kedepannya supaya mendapat bantuan, baik itu dari investor maupun Pemerintah Atasan,” ungkap Ari.

Disela-sela kunjungan BE KRAF, Ketua Dekranasda mengatakan, bahwa dengan semakin dikenalnya produksi masyarakat Tapanuli Utara akan memberikan nilai tambah bagi perekonomian pengrajin, namun hal ini butuh kerjasama semua pihak terutama untuk percepatan pengembangan ekonomi kreatif.

“Percepatan Ekonomi Kreatif dapat diwujudkan apabila tercipta kerjasama oleh semua pihak. Dekranasda dan Pemerintah Kabupaten akan tetap berupaya agar ekonomi kreatif ini akan semakin cepat berkembang di tengah-tengah masyarakat, namun dibutuhkan perhatian dan kerjasama dari semua pihak bahkan dari masyarakat itu sendiri. Upaya-upaya yang kita tempuh ini bertujuan untuk menaikkan pendapatan para pengerajin agar hasil karyanya lebih dihargai. Dekranasda Tapanuli Utara siap membina seluruh kelompok pengrajin,” ucap Satika.

Beberapa hasil produksi binaan Dekranasda yang dikenalkan pada kesempatan itu antara lain, Tenun Ulos dan pakaian jadi yang dikreasikan dengan Tenun, wine coffe Gogo, berbagai makanan ringan olahan, beragam hasil kerajinan tangan masyarakat dan lain-lain.(ds/Carlos)
Komentar Anda

Berita Terkini