KPU Binjai Tetapkan Hasil Pileg 2019

/

/ Rabu, 14 Agustus 2019 / 16.47 WIB

dailysatu.com-Penetapan digelar KPU Binjai melalui rapat pleno terbuka di Hotel Graha Kardopa, Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Binjai Kota, Rabu (14/8).Penetapan 30 nama ini tidak berubah dari hasil rekapitulasi yang sudah digelar beberapa waktu silam.

Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi yang membuka rapat pleno sekaligus menetapkan 30 legislatif terpilih. Dalam rapat pleno dihadiri sejumlah perwakilan partai politik, perwakilan Polres Binjai, Kodim, Kejaksaan Negeri Binjai, Bawaslu, perwakilan Pemko Binjai.

"Hari ini KPU Binjai telah menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih pada Pemilu 2019 yang sudah digelar. Sebanyak 30 orang anggota DPRD Binjai terpilih sudah ditetapkan," katanya.

"Hasil Pileg 2019, Golkar meraih enam kursi disusul Gerindra lima Kursi dan PDIP empat kursi. Demokrat, PKS, Nasdem dan PAN, masing-masing 3 kursi. PPP dua kursi dan Hanura satu kursi," ungkapnya.

30 nama-nama legislatif terpilih, dari Golkar, Noor Sri Alamsyah Putra, M Yusuf, Boniran, Nur Asyiah, Hj Suhartini, dan Miswar Gunawan.

Dari Gerindra Ahmad Azrai Azis, Riyan Prasatia Kusnandar, Yudi Pranata, Joko Basuki, dan M Iskandar. Dari PDIP, Ryan Wijaya, Gim Ginting, M Syarif Sitepu, dan M Atan.

Selanjutnya Dari Demokrat, M Sajali, Ahmad Hasian Siregar, dan J Sawitma Nasution. Dari NasDem, Syahrial, T Matsyah, dan Khairul Sembiring. Dari PKS, Marasonang Lubis, Fitriani, Khairul Anwar. Dari PPP, Sri Susilawati, dan Irhamsyah Putra Pohan. PAN, Emagata, Adi Putra, dan Ardiansyah. Dari Hanura, Beni Aura Sanjaya.

Dengan penetapan oleh KPU Binjai, Golkar kembali mempertahankan kursi Ketua DPRD Binjai. Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II akan diisi dari legislatif Partai Gerindra dan PDIP.

Selanjutnya, hasil penetapan ini akan dikirim KPU Binjai ke Provinsi Sumut yang ditembuskan juga kepada Wali Kota dan Ketua DPRD Binjai. 30 legislatif terpilih akan dilantik Ketua Pengadilan Negeri Binjai berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara.

Komisioner KPU Binjai Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi menambahkan, 30 dewan terpilih akan dilantik setelah anggota DPRD periode 2014-2019 berakhir masa jabatannya pada 19 September 2019. Setelah ini, KPU juga menunggu para caleg terpilih untuk menyerahkan tanda terima LHKPN dari KPK.

"Setelah hasil pleno penetapan ini, KPU Binjai menyerahkan berkas pelantikan ke Wali Kota untuk diteruskan ke Gubernur Sumut dan Kemendagri," pungkasnya. (ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini