Kelola Dana Kelurahan, Lurah di Medan Diberi Bimtek

/

/ Selasa, 06 Agustus 2019 / 11.37 WIB

dailysatu.com - Guna meningkatkan kemampuan dan keahlian para Apratur  negara yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa, terutama dalam pengelolaan dana kelurahan, Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD & PSDM) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara  Pengadaan Langsung di Lingkungan Pemko Medan di Hermes Palace Hotel, Medan, Senin (5/8).

Bimtek yang dibuka Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Umum Setdako Medan Rendward Parapat, diharapkan  juga dapatmenjadi sarana meningkatkan keahlian serta mengupdate pengetahuan khususnya dalam pengadaan langsung. Sebab, regulasi serta dinamika pengadaan barang dan jasa terus berkembang.

Sebanyak 30 lurah mengikuti Bimtek  yang akan berlangsung selama tiga hari mulai  5 sampai 7 Agustus . Dalam Bimtek, para lurah akan mengikuti pembelajaran mulai pukul 08.00-17.00 WIB.  Sebagai instruktur dalam Bimtek tersebut, panitia mendatangkan Dr Fahrurrazi MSi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Jakarta.

Dihadapan seluruh peserta Renward mengingatkan, mungkin diantara peserta sudah beberapa kali mengikuti kegiatan serupa dan sudah memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa namun dimintanya agar tidak cepat berpuas diri.  Justru itu harapnya, Bimtek ini harus dijadikan wadah untuk mengasah keahlian.

Teruslah asah keahlian saudara-saudara dalam menerapkan dan memahami peraturan-peraturan pengadaan barang dan jasa yang berlaku. sehingga nantinya saudara dapat menjadi ahli pengadaan barang dan jasa yang benar-benar berkompeten," pesannya.

dnward lebih jauh memaparkan, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu swakelola dan melalui penyedia barang dan jasa.


Sedangkan  pelaksanaan penyedia  barang dan jasa dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya melalui pengadaan langsung sehingga menjadi tema Bimtek.


"Jangan sampai terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya atau menyalahgunakan tugas dan fungsi bapak dan ibu, sebab tantangan dan  hambatan, baik yang berdampak  positif maupun negatif cukup tinggi.Termasuk, menangkal berbagai isu serta godaan-godaan gratifikasi,"  ungkapnya.(ds/lilik)


   





Komentar Anda

Berita Terkini