Kapolres Pelabuhan Belawan Hadiri Sosialisasi Bahaya Narkoba

/

/ Rabu, 14 Agustus 2019 / 15.58 WIB
dailysatu.com - Guna mencegah peredaran bahaya narkoba kepada para pelajar, Polres Pelabuhan Belawan menginisiasi pertemuan kemitraan Forum Grup Diskusi (FGD) bertemakan peranan tokoh dan masyarakat dalam mencegah peredaran narkoba dalam menciptakan situasi kamtibmas yang diadakan di Aula Kantor Camat Medan Marelan, Rabu (14/8/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH,MH, Camat Medan Marelan Yunus, Kasat Binmas AKP Justar, Kapolsek Medan Labuhan AKP Edi Safari, Para Lurah, Sejumlah tokoh masyakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Kader PKK dan Kepala lingkungan.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Medan Deli,  H Syamsul Bahri mengemukakan ada jemaahnya yang mendapatkan lem dan pil KB yang telah terkelupas pada tas anak sekolah tingkat SD dan SMP saat orang tuanya memeriksa tas anaknya sepulang sekolah.

"Kita cukup miris dengan kondisi pergaulan anak- anak sekarang, bahaya narkoba sudah menjalar hingga pelajar tingkat SD. Hal ini harus menjadi perhatian bagi para orang tua untuk lebih mengawasi anak- anaknya.

Syamsul Bahri mengemukakan, untuk mencegah dampak buruk narkoba menimpa generasi muda, terutama anak yang masih sekolah, peran orang tua lebih utama dari pada tindakan yang dilakukan oleh aparat kepolisian. "Selalu razia tas anak sepulang sekolah untuk menghindarkan kemungkinan anak membawa narkoba," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH,MH menyarakan kepada orang tua untuk tidak memanjakan anak dengan memberikan sepeda motor, sebab fasilitas kendaraan bermotor tersebut menambah panjang dampak buruk yang kemungkinan timbul.

"Kalau anak sudah diberi sepeda motor, dikhawatirkan anak sering berkeluyuran, balap liar dan ujung-ujungnya terpengaruh dengan penggunaan narkoba," sebut Ikhwan. Lewat FGD.

AKBP Ikhwan mengajak, tokoh masyarakar untuk bersatu menolak narkoba dan menjadikan lingkungan tempat tinggal bersih dari pengaruh narkoba.

"Pihak kepolisian tidak mampu memberantas narkoba tampah bantuan dari masyarakat, mari kita bersama - sama memerangi narkoba. Dengan cara aktifkan kembali siskamling dan selalu memantau situasi lingkungan. Bila ada yang mencurigai segera lapor kepada pihak kepolisian," ajak Kapolres.

Terpisah, Kepala Lingkungan 6 Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kastini menyambut baik FGD penyegahan peredaran narkoba yang dilakukan Polres Pelabuhan Belawan bekerja sama dengan Kecamatan Medan Labuhan. "Kegiatan ini membuat para orang tua siaga untuk mengantisipasi dampak narkoba bagi anak dan generasi muda," ujar Kastini didampingi kader PKK Kelurahan Terjun, Siti Purwati.(ds/02)
Komentar Anda

Berita Terkini