Disdukcapil Gunungsitoli Terapkan Pola Jemput Bola

/

/ Selasa, 06 Agustus 2019 / 12.51 WIB

dailysatu.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, kembali menciptakan terobosan baru dalam melayani masyarakat.

Disdukcapil memberlakukan jemput bola dalam menertibkan sekaligus mengajak masyarakat di Desa Tarakhaini dan Desa Orahili Tanese'o, Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa, untuk mengurus dokumen kependudukanya.

Tiba di dua desa tersebut, petugas Disdukcapil langsung mendatangi rumah-rumah masyarakat guna mendata keluarga yang belum memiliki dokumen kependudukan seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, dan lainnya.

Rencananya, kegiatan door to door itu akan dilakukan secara berkesinambungan ke desa lain yang berada di wilayah Kota Gunungsitoli.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Disdukcapil Kota Gunungsitoli, Bernadhine Telaumbanua, saat ditemui dailysatu.com, Selasa (06/7/2019) pagi tadi.

Menurut Bernadhine, sebelumnya Disdukcapil juga telah mengutus petugas berkantor di balai desa untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan mereka.

"Bagi keluarga yang dokumen kependudukannya sudah lengkap, petugas menandai dengan menempel stiker di rumah mereka. Sementara yang belum, petugas akan mencari solusi", kata Bernadhine.

Program tersebut, lanjut Betnadhine, bakal dilanjutkan hingga seluruh dokumen kependudukan masyarakat di Kota Gunungsitoli terpenuhi. Meski begitu, pelayanan di kantor Disdukcapil tetap berjalan sebagaimana biasa.

"Saya berharap, masyarakat di pedesaan dapat mendukung program Disdukcapil berbasis kemasyarakatan ini, yang mana tujuannya untuk mewujudkan Kota Gunungsitoli maju, nyaman dan berdaya saing", ujar Bernadhine. (ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini