Presiden Jokowi Di Objek Wisata Salib Kasih Taput, 2020 Objek Wisata Salib Kasih Ditata

/

/ Selasa, 30 Juli 2019 / 12.30 WIB
Foto : Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi dan rombongan saat melakukan kunjungan di Salib Kasih Siatas Barita, Taput. (Foto : Bisnur Sitompul/dailysatu.com)

dailysatu.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dalam kunjungannya di Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (30/7/2019), melanjutkan perjalanannya ke objek Wisata Salib Kasih di Puncak Siatas Barita Kabupaten Taput.

Saat dalam perjalanan menuju lokasi wisata Salib Kasih di Kecamatan Siatas Barita Taput, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, mendapat sambutan hangat dari warga dan pelajar Taput yang rela berdiri di pinggir jalan sambil melambaikan tangan dan mengelu-elukan nama Jokowi.

Mendapat sambutan hangat warga, Jokowi sesekali membuka kaca mobil untuk menyapa dan memberikan senyum. Bahkan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana memberikan sejumlah bingkisan kepada warga yang berjejer dipinggir jalan.

Saat tiba sekitar pukul 08.30 Wib di objek wisata Salib Kasih Siatas Barita, Jokowi yang juga didampingi oleh sejumlah Menteri, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan sejumlah Kepala Daerah se Kawasan Danau Toba, disambut oleh tokoh masyarakat dan warga yang telah menunggu kedatangannya.

Bupati Taput, Nikson Nababan, memberikan penjelasan kepada Jokowi dan rombongan tentang lokasi wisata Salib Kasih. Dimana, kawasan tersebut merupakan lokasi wisata Rohani dan juga tempat beribadah bagi umat Kristen yang dikunjungi berbagai warga, baik dari Taput maupun dari luar daerah. 

Dari puncak Salib Kasih tersebut,  pemandangan cukup indah dengan mata memandang ke kota Tarutung yang disebut warga setempat dengan nama Rura Silindung.

Walau objek Wisata Salib Kasih masih dalam kondisi kabut, Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi sangat menikmati keindahan dan kesejukan alam puncak Siatas Barita yang dikelilingi pohon pinus. 

Di kunjungan Jokowi ke Salib Kasih, Bupati Taput Nikson Nababan juga memaparkan untuk pengembangan lokasi Salib Kasih. Kunjungan Jokowi didampingi langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

"Kita sangat berterima kasih atas kunjungan Pak Jokowi ke Salib Kasih. Kita berharap lokasi wisata Salib Kasih mendapat perhatian dari Pak Jokowi untuk dikembangkan. Lokasi Salib Kasih statusnya pinjam pakai dari Kementerian Kehutanan dengan luas sekitar 72 Hektar. Jumlah pengunjung per hari sekitar 300 orang," jelas Bupati Nikson Nababan.

Nikson Nababan juga menjelaskan, Tokoh DR IL Nommensen yang menyebarkan ajaran Kristen di Tanah Batak. Untuk itu dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Taput ini, diharapkan usulan - usulan Pemkab Taput bisa direalisasikan oleh pemerintah pusat.

Jokowi bersama Ibu Iriana dalam kesempatan itu juga meninjau stan kerajian Ulos Batak dan wine kopi. Jokowi bangga dan mengapresiasi pengrajin Taput. Jokowi juga membeli jaket Ulos Batak seharga Rp 2,5 juta dari pengrajin Debora Hasugian. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya, kepada wartawan  mengatakan pihaknya akan menata Lokasi Wisata Salib Kasih Siatas Barita tahun 2020. 

"Kalau detailnya saya tidak ingat. Namun total untuk pengembangan Kawasan Danau Toba berkisar Rp 2,2 Triliun. Untuk semua Kawasan Destinasi Danau Toba akan kita tata semua," ujarnya.

Sekitar satu jam mengunjungi objek wisata Salib Kasih, Presiden Jokowi dan rombongan kembali turun ke Kota Tarutung untuk menyapa warga dan sejumlah pelajar yang masih menunggu dan berjejer dipinggir jalan.

Usai melakukan kunjungan ke Taput, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju Ajibata Kabupaten Simalungun untuk melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Samosir. (Bisnur Sitompul)

Komentar Anda

Berita Terkini