Masyarakat Diimbau Jangan Buang Sampah Sembarangan

/

/ Selasa, 30 Juli 2019 / 09.11 WIB

dailysatu.com-Anggota DPRD Kota Medan Dame Duma Sari Hutagalung mengajak seluruh lapisan masyarakat agar peduli sampah dengan cara tidak membuangnya secara sembarangan.

"Saya mengajak kita semua, janganlah buang sampah sembarangan, karena penum­pukan sampah bisa merusak lingkungan serta berpotensi menimbulkan penyakit," ucapnya saat sosialisasi ke- XI Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan, yang digelar di Komplek Griya Riatur Indah Jl.Krisan Blok D No.36 Kel.Helvetia Timur, Kec.Medan Helvetia, Senin 29 Juli 2019.

Dalam kesempatan itu, M.Yamin Daulay dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Medan yang ditunjuk mewakili Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, masyarakat mesti memiliki kesadaran yang tinggi terhadap persampahan ini.

Ia pun meminta agar mengelola sampah dengan menggunakan konsep 3R, yakni Reuse (menggunakan kembali sampah yang masih bisa digunakan), Reduce (mengurangi segala sesuatu yang bisa menghasilkan sampah).

"Recycle (mengolah kembali atau daur ulang sampah jadi produk bermanfaat). "Saya yakin jika 3R ini dilaksanakan semua warga, akan mampu menjaga kelestarian lingku­ngan," katanya.

Pada kesempatan itu dia mengajak seluruh warga, terutama yang menghadiri sosialisasi, agar membangun peradaban dan kesadaran soal sampah.

"Artinya, buanglah jauh-jauh kebiasaan buang sampah sembarangan. Mulailah bersih itu dari diri kira sendiri. Kalau motto ini kita sadari, maka kota ini tak lagi jorok dan kumuh," ucapnya sembari menyebutkan bahwa jika buang sampah sembarangan akan dikenakan denda Rp.10 juta.

Saat Sosialisasi tersebut, Heri mengeluhkan kurangnya truk pengangkut sampah yang tidak rutin mengangkat sampah di pinggir-pinggir jalan.

Ia meminta kepada anggota DPRD Medan, agar memperjuangkan penambahan tenaga pasukan bestari agar pengutipan di dalam gang-gang teratasi.

"Selama ini hanya di jalanan yang besar. Jalan sempit seperti gang dan lorong belun maksimal, maka perlu lah penambahan pasukan bestari dan juga penambahan gerobak sampah," katanya.(ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini