54.000 Kg Buah Pinang Mudik Ke Bangladesh

/

/ Selasa, 18 Juni 2019 / 12.56 WIB
dailysatu.com - Suasana hiruk pikuk mudik pasca libur lebaran telah usai kini giliran Pinang yang ikut mudik.

Tak hanya manusia yang punya kampung halaman sebagai  tempat asal usul keberadaan nya, tumbuhan juga punya.

Perlu di ketahui, pinang (Areca catechu L) merupakan tanaman asli dari Asia Selatan (salah satu negara Bangladesh) yang  penyebarannya telah sampai ke seluruh wilayah Indonesia hingga ke Sumatera Utara. Tanaman pinang tersebut, ada yang tumbuh secara liar atau ditanam sebagai tanaman pekarangan atau perkebunan rakyat.

Pinang yang tumbuh subur di   Sumatera Utara ini bijinya dikumpulkan para petani di gudang PT.SSA berjumlah 54.000 Kg siap untuk mudik ke tempat  asalnya Asia Selatan, Bangladesh.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan Bambang Haryanto kepada Media, Selasa (18/6/19) mengatakan,petugas Karantina Pertanian Belawan memfasilitasi persiapan mudik biji pinang dengan menerbitkan phytosanitary certificate sebagai dokumen persyaratan ekspor negara tujuan.

Sambung Bambang,tentunya setelah dilakukan tindakan karantina berupa pemeriksaan administrasi, pemeriksaan fisik dan kesehatan media pembawa.

"Budaya mudik memiliki arti  menjalin ukhuwah dalam ikatan keluarga, maka mudiknya pinang berarti memberikan untung dan Income keluarga petani di Sumatera Utara, dengan melaporkan lalu lintas nya kepada Karantina pertanian," tutup Kepala Balai Besar Pertanian Belawan.(ds/02)
Komentar Anda

Berita Terkini