DLH Sergai Ambil Sempel Limbah PT STS

/

/ Sabtu, 11 Mei 2019 / 09.34 WIB
dailysatu.com- Terkait Dugaan  limbah PT STS yang mengakibatkan satwa air mati dibantaran sungai Seirampah beberapa hari yang lalu,mendapat respon positif dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai (DLH). Perhatian tersebut dibuktikan dengan pengambilan Sempel limbah dari PT STS, Jumat (10/05/2019) Sekitar pukul 10:00WIB.

Pengambilan Sempel tersebut diikuti kepala Desa Seirampah dan dari pihak DLH yang nantinya, sempel tersebut akan dibawa ke Medan guna pemeriksaan apakah limbah PT STS berdampak pada satwa air yang mengakibatkan kematian masal. Hal ini diungkap Kadis LH Syafial Budi saat dikonfirmasi awak media melalui Whatshaap.

Lebih lanjut Syafrial Budi mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara  melakukan pengambilan sampel limbah tapioka milik perusahan PT. Sinar Tani Sumatera (STS) berlokasi Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Seirampah, Sergai yang nantinya limabah tersebut akan kita bawa kemedan.

Tidak sampai disitu, awak media mencoba mempertanyakan apabila terbukti limbah yang dihasilkan PT STS mengandung racun yang berbahaya tindakan apa yang dilakukan oleh pihak LH. Hingga berita ini diterbitkan Kadis LH belum bisa menjawab.

Ditempat terpisah, Ketua NGO PMBDS Sergai Aswad dengan didampingi Sekjen AJH Sergai Azwin Fadli SH mengatakan semoga pengambilan sempel limbah yang dilakukan pihak DLH bukan hanya sebatas seremonial saja, kita akan tetap memantau hasil apa yang nantinya akan didapat dari uji lap tersebut.

Lanjut Aswad dan Aswin limbah-limbah yang dibuang oleh pabrik-pabrik yang tidak bertanggung jawab sangat menghambat pertumbuhan ekosistem biota sungai apalagi sampai mengakibatkan kematian masal pada satwa air,untuk itu pihak DLH harus benar-benar dapat mengatur serta menata terkait pabrik-pabrik yang membuang limbah dibantaran sungai.(ds/Put)
Komentar Anda

Berita Terkini