Wah....Ternyata Ketua DPRD Gunungsitoli Pernah Jadi Terdakwa

/

/ Sabtu, 13 April 2019 / 08.13 WIB

dailysatu.com - Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Herman Jaya Harefa S.Pdk, pernah menjadi terdakwa dalam kasus tindak pidana pencemaran nama baik mantan Bupati Nias, Binahati Benedictus Baeha SH.

Pernyataan itu disampaikan Sehati Halawa SH. MH, kepada dailysatu.com, Jumat (12/04) sore. Menurutnya, sejak kasus bergulir di Pengadilan Negeri Gunungsitoli Binahati menghunjuk ia sebagai kuasa hukum.

Diceritakan Sehati, awalnya Herman melaporkan Binahati ke Menteri Keuangan RI terkait dugaan penerimaan fee proyek sebesar 6% dari rekanan/pemborong.

Karena tidak terima, lalu Binahati melaporkan balik Herman ke Polres Nias pada Tahun 2009 dengan tuduhan pencemaran nama baik, sesuai Pasal 311 Ayat 1 KUHP.

Selanjutnya pada Tahun 2010, Pengadilan Negeri Gunungsitoli memutuskan Herman terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik secara tertulis.

"Atas putusan pengadilan, Herman di vonis hukuman penjara selama 6 bulan dengan masa percobaan selama 1 Tahun. Namun begitu, saya tidak tahu apakah putusan itu dijalani Herman atau tidak", beber Sehati. (ds/Ris)
Komentar Anda

Berita Terkini