Proklamasi K Naibaho Minta Pemko Medan Kelola Sampah dengan Benar

/

/ Senin, 15 April 2019 / 08.55 WIB

dailysatu.com-Pemko Medan harus mengelola persampahan dengan benar di seluruh wilayah kota agar bisa menciptakan suasana yang asri dan menghapus sebutan kota terjorok seperti yang sudah disandang kota ini beberapa waktu lalu.

Keseriusan itu juga ditunjukkan dengan upaya penerbitan Peraturan Wali Kota (Perwal) dan adanya tindakan hukum terhadap para pelaku pembuang sampah sembarangan, ujar Anggota DPRD Medan Drs Proklamasi K Naibaho saat menggelar sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah, Sabtu  (13/4) di Jalan Sembada Kecamatan Medan Selayang yang dihadiri ratusan warga.

Disebutkannya, permasalahan sampah tidak boleh  dianggap ringan. Apalagi masyarakat di kalangan rumah tangga, sejak lahir hingga dewasa merupakan bagian produsen sampah terbesar. Bahkan banyak dari masyarakat yang membuang sampah rumah tangga mereka di sembarang tempat.

Menurut Politisi Partai Gerindra itu, penilaian kawasan terjorok dari Kementerian Lingkungan Hidup baru-baru ini kepada Kota Medan, harusnya menjadi cambuk bagi Pemko Medan agar lebih serius dalam menangani persampahan.

Dalam sosialisasi Perda ini, Anggota Komisi I DPRD Medan itu mengajak masyarakat untuk turut mengelola sampah dengan baik. Agar nantinya bisa menjadikan sampah sebagai bagian yang bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai contoh, hadirnya bank sampah akan menjadikan sampah yang selama ini menjadi permasalahan, bisa menciptakan sumber penghasilan bagi warga.

Diharapkan, melalui pengelolaan sampah yang benar maka akan mengurangi penumpukan sampah di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, perwakilan masyarakat yang hadir pada umumnya mengeluhkan tidak adanya angkutan sampah sehingga sampah warga menumpuk dimana-mana.Untuk itu warga meminta Pemko menyediakan angkutan sampah.

Seharusnya sampah itu minimal dua hari sekali sudah diangkut ke TPA supaya jangan menumpuk, ujar warga.  “Jangan hanya sekadar menjalankan wajib retribusi sampah (WRS) bagi rumah tangga, namun sampahnya jarang diangkut,” katanya mengakhiri.

Mendengar keluhan warga tersebut, Proklamasi menyebutkan akan menyampaikan keluhan masyarakat soal sampah ke Pemko Medan. Dikatakannya,  tahun 2019 penanganan sampah telah dikelola Dinas kebersihan dan Pertamanan (DKP), agar Kota Medan menjadi bersih lagi. (ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini