Lulusan FK UMI Harus Siap Berkompetisi

/

/ Senin, 08 April 2019 / 09.02 WIB

dailysatu.com- Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (UMI) harus siap berkompetisi dalam menghadapi gempuran banyaknya lulusan dokter.

"Kondisi tersebut harus dijadikan tantangan. Jadi lulusan dari FK UMI harus siap memberikan kinerja yang baik dan siap berkompetisi,” kata Dekan FK UMI dr.Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG saat pengambilan Sumpah Dokter ke-148 yang digelar di Aula Istana Koki, Sabtu 6 April 2019.

Guna mempersiapkan lulusan unggul itu, katanya, FK UMI pada Juni 2019 mendatang akan menghadapi proses akreditasi menuju akreditasi 'B'.

" Diharapkan doa dan dukungan dari seluruh pihak baik itu Rektorat, Dekanat, Dosen, para Alumni agar FK UMI pada bulan Juni mendatang bisa mendapatkan akreditasi 'B', "tandasnya.

Dalam Pelantikan yang dipimpin oleh Dekan FK UMI  dr.Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG itu sebanyak 63 dokter yang diambil sumpahnya, total semua lulusan FK UMI sebanyak 3.824.Pada angkatan ke-148 ini, lulusan terbaik diraih oleh dr. Tasya Primadani dengan IPK : 3,91.

Saat diberikan kesempatan memberikan bimbingan dan arahan, Rektor Universitas Methodist Indonesia (UMI) Ir.Pantas Simanjuntak MM dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa  yang telah melakukan sumpah.

"Untuk dokter-dokter muda yang telah disumpah, tantangan kedepannya jauh lebih besar, apalagi era reformasi 4.0. apalagi  dengan kemajuan tekhnologi yang kian pesat, " sebutnya.

Ketua Ikatan Alumni, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, MM dalam kesempatan itu mengajak seluruh dokter-dokter muda yang baru disumpah untuk berkerjasama dengan ikatan alumni untuk memajukan FK UMI.

"Kepada adik-adikku, mari kita kembalikan FK UMI ini ke masa kejayaannya yang telah melahirkan ribuan dokter unggul yang telah tersebar di seluruh Indonesia.Dan itu diperlukan kerjasama dan sinergitas baik antara pihak Yayasan, Rektorat, Dekanat dan para alumni," tegasnya didampingi Ketua Harian ,dr. Jasura Pinem

Salah satu dokter muda yang diberi kesempatan menyampaikan pesan kesannya, dr. Boy Lides T. Tambunan mengungkapkan suka dan duka selama mengenyam  pendidikan di FK UMI.

Di kampus ini, kita di didik bukan hanya pada pendidikan, tapi menjadi dokter yang mengedepankan nilai  kemanusiaan, sesuai profesi dokter.

"Terima kasih kepada orang tua kami, karena orangtualah yang menjadi sandaran kita saat kami sedang letih, Dan lelah . Karena sesungguhnya doa orangtua yang menjadi jalan penerang bagi kita, tegasnya.

Mewakili orangtua yakni Elyta Ras Ginting, SH, L.L.M orangtua dr.Mayagita Alloysa mengucapkan terima kasih kepada pihak dosen dan dekanat FK UMI yang telah berkontribusi terhadap capaian kelulusan dokter-dokter baru angkatan ke-148.

Upacara pengangkatan sumpah dokter itu dihadiri diantaranya Dekan FK UMI, dr.Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG, MM, Rektor UMI, Ir. Pantas Simanjuntak, MM, Wakil Dekan I, dr.Esther Sitorus, MKed (PA) SpPA, Wakil Dekan II, dr. Alexander P. Marpaung, MKT, Wakil Dekan III, dr.Harry Butar-Butar, SpB.

Kemudian, Ka.Prodi S.Ked, dr Fitriani Lumangga, SpPA, Kaprodi Profesi dr. Donal Sitompul, SpKJ. Guru Besar, Prof.Dr.dr.Hadyanto Lim, M.Kes,SpFK dan Prof.Dr.dr Thomson P.Nadapdap, MS (Epid),dr. Putri C. Eyanoer, MS.Epi, PhD : Ketua MEU, dr. Maestro Simanjuntak, M.Kes   : Anggota Senat dosen, dr. Laura Siagian, M.Ked(Neu), SpS : anggota senat dosen, dr.  Jerry Tobing,  M.Ked7(IRL-HNS), Sp. THT-KL : Sekr. Prodi Profesi Dokter , dr. Endy Julianto, MKT : Sekr. Prodi S.Ked
serta Ikatan Alumni dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, MM.

Tampak di barisan tamu perwakilan dari RS tempat pendidikan profesi dokter FK UMI antara lain mewakili RSU Djasamen Saragih. Wadir SDM& DiklatRSU dr. Pirngadi Medan, dr. Syamsul A Nasution, SpOG (K),RSUD Dr. RM Djoelham : dr. Romy A. Lukman , perwakilan dari Dinas Kesehatan Medan, dr. Zairul Rambe, perwakilan Dinkes Deliserdang, dr.Hartaty Agnes Saragih, MKes, Dr. Fotarisman Zaluchu, SKM, MSi, MPH : Ketua Gugus Penjamin Mutu 7(GPM), Paul L. Tobing, SKM, M.Kes : Ketua Unit Pengabdian Masyarakat dan perwakilan PKY UMI Dra Linda Ningsih Panjaitan.

Sejajaran itu tampak hadir  para fungsionaris dan dosen-dosen FK UMI.

Acara angkat sumpah dokter ini berjalan dengan khidmat dan rasa kebahagiaan. Tangis haru orangtua dan para dokter menghiasi detik-detik ketika para dokter datang menghampiri orang tua masing-masing untuk memberikan rangkaian bunga sebagai ucapan terimakasih mereka. (ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini