Tahun Ini Sebanyak 150 ASN Pemko Medan Masuki Purna tugas

/

/ Rabu, 27 Maret 2019 / 20.46 WIB
dailysatu.com - Sebanyak 150 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemko Medan, mengikuti pembekalan Purna Tugas. Adapun tujuan diadakannya acara ini guna memberikan  pemahaman bagi ASN bahwa Purna Tugas merupakan proses yang tidak perlu ditakuti karena semua ASN akan mengalami proses ini nantinya.

Acara yang dibuka Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Umum (Asmum) Rendward Parapat ini diselenggarakan di Hotel Grand Antares Jalan SM Raja, Rabu (27/3/2019).

Dalam sambutannya Asmum menyampaikan, betapa pentingnya pembekalan ini dilaksanakan karena usia pensiun merupakan satu hal alamiah dan semua PNS/ASN pasti mengalaminya, sehingga tidak perlu dirisaukan tetapi sebaliknya harus diterima dan disambut dengan semangat baru.

Selanjutnya Renward mengatakan, dalam hal ini dirinya memahami kepada ASN/PNS nantinya akan merasakan berbagai hal ketika pensiun nanti, diantaranya berkurangnya pendapatan, hilangnya rutinitas pekerjaan dan tidak adanya kewenangan bagi PNS yang memiliki jabatan.

"Jika hal itu sudah disadari sejak dini, masa pensiun merupakan sebuah kesenangan bahkan mungkin yang ditunggu-tunggu oleh PNS, karena lepas dari rutinitas sehari-hari dan mereka akan dapat meluangkan waktu lebih lama berkumpul dengan keluarga," kata Renward.

Renward juga berpesan kepada ASN/PNS yang akan memasuki masa pensiun, hendaknya tidak perlu ragu apalagi putus asa dalam menghadapi kondisi tersebut, tetapi sebaliknya harus memiliki semangat baru untuk menatap masa depan lebih baik saat memasuki masa tua.

Kemudian Renward berharap, kepada ASN/PNS tersebut agar mempersiapkan kondisi fisik dan mental serta selalu melakukan diskusi dengan orang-orang terdekat untuk membicarakan hal-hal yang dirasakan perlu untuk menghadapi masa pensiun.

"Dalam menghadapi masa pengsiun, kembangkanlah hobi kalian yang tertunda akibat kesibukan pada saat kalian aktif sebagai PNS dan sibukkanlah diri kalian dengan hal-hal yang positif serta yang dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar bahkan juga tambahan pendapatan," harapnya.

Renward juga menambahkan, yang tidak kalah penting adalah menjaga pola hidup sehat dan terus membina hubungan silaturahmi dengan sejumlah relasi, sehingga dapat membina hubungan kerjasama dalam pengembangan usaha atau hal lainnya. Serta yang paling utama adalah mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa dengan meningkatkan kehidupan spiritual sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, sehingga mampu menguatkan iman dan hidup lebih tenang.(ds/lilik)
Komentar Anda

Berita Terkini