Saat Cuaca Panas Dianjurkan Konsumsi Minuman Panas, Alasannya...

/

/ Minggu, 17 Maret 2019 / 10.41 WIB
dailysatu.com - Beberapa pekan ini cuaca di Kota Medan sunggu sangat panas. Pastinya, kita akan merasa mudah haus. Dan salah satu hal yang sering kali kita lakukan untuk mendinginkan tubuh serta melepas dahaga saat cuaca panas adalah dengan minum minuman dingin atau es.

Tapi tahukah kamu, Minuman yang dingin atau es justru akan membuat dahaga saat panas semakin parah. Lantas, apa yang harus dilakukan agar dahaga saat cuaca panas perlahan teratasi dengan baik?

Dikutip dari laman asiantown.net, untuk melepas dahaga sekaligus mendinginkan tubuh saat cuaca panas adalah dengan konsumsi minuman panas.

Apa, minum minuman bersuhu panas? Yap, penelitian terbaru menemukan bahwa minum minuman panas atau hangat saat cuaca panas justru akan membuat dahaga perlahan hilang dan tubuh pun akan menjadi lebih dingin, perasaan jadi lebih tenang dan pikiran jadi lebih nyaman.

Para ahli di Loughborough University menemukan bahwa minum minuman panas atau hangat saat cuaca sedang panas dan terik, benar-benar bisa melepaskan dahaga dan mendinginkan tubuh. Saat kita konsumsi minuman panas saat cuaca panas, ini akan membuat suhu tubuh berada dalam kondisi normal. Sementara saat kita konsumsi minuman dingin atau es, hal ini akan membuat suhu tubuh menjadi turun dan perasaan dahaga serta panas pun akan semakin meningkat. Apalagi, jika mengingat tubuh bisa produksi keringat dengan baik setelah minum air dingin atau es.

Pada tahun 2012, Ollie Jay yang juga seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa minuman hangat atau panas justru akan bantu melepas dahaga dan mendinginkan tubuh saat cuaca panas. Sementara minuman dingin atau es, hal ini justru akan membuat tubuh semakin panas dan dahaga semakin meningkat. Memang, saat minum minuman dingin akan membuat dahaga lekas sembuh. Hanya saja, hal ini akan membuat tubuh merasa lekas haus kembali jika dibandingkan dengan minum minuman hangat atau panas saat cuaca panas.

Sementara itu, seorang peneliti bernama Peter mengungkapkan bahwa seseorang dianjurkan konsumsi minuman panas saat cuaca panas agar produksi keringat dalam tubuh baik. Ketika produksi keringat semakin baik dan banyak, hal ini akan membuat tubuh jadi lebih dingin. Christopher Gordon, seorang ahli dari University Sydney juga mengungkapkan bahwa minuman panas akan membuat produksi keringat bertambah saat cuaca panas. Dengan bertambahnya produksi keringat ini, tubuh pun akan jadi semakin dingin atau adem.

Gordon menjelaskan bahwa keringat yang dikeluarkan tubuh saat minum minuman panas di cuaca panas inilah yang nantinya mendinginkan tubuh. Well, buat kamu yang tak ingin merasa kepanasan dan dahaga berlebih saat panas, nggak ada salahnya nih buat kamu untuk minum minuman yang panas. Semoga informasi ini bermanfaat.(ds/min)
Komentar Anda

Berita Terkini