Miliki 10 Kg Sabu Tiga Kurir Sabu Hanya Dituntut 19 Tahun Penjara

/

/ Selasa, 05 Maret 2019 / 06.37 WIB

dailysatu.com-Miliki sebanyak 10 Kg Sabu tiga terdakwa M Yusuf alias Yusuf (40) Warga Dusun T. Bayu, Desa MTG Paya, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara, Mukhtaruddin alias Tar (32) Warga Gampong Meunasah Pante, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara dan Mahardi Nurdin alias Mahdin (46) Warga  Dusun TGK Malem Diwa, Desa Gampong Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang Kabupaten Aceh Utara hanya dituntut 19 tahun penjara.

Tuntutan itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anwar Ketaren SH, saat dipersidangan yang digelar diruang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan Senin, (4/3).

Selain tuntutan 19 tahun penjara, JPU Anwar Ketaren juga membebani denda sebesar Rp 5 miliar dan subsider 1 tahun kurungan terhadap ketiga terdakwa asal Aceh itu.

"Perbuatan ketiga terdakwa terbukti melanggar pasal 114 (2) jo pasal 132 (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Meminta kepada Majelis Hakim untuk menjatuhkan hukuman pidana terhadap ketiga terdakwa Yusuf, Mukhtaruddin dan Mahardi Nurdin selama 19 tahun penjara," cetus JPU dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Erintuah Damanik SH, MH.

Menyikapi tuntutan JPU, Syarifahta Sembiring SH dari LBH Menara Keadilan selaku penasehat hukum terdakwa menyatakan mengajukan nota pledoi. Setelah mendengarkan tanggapan penasehat hukum terdakwa, Majelis Hakim menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda pembacaan nota pledoi.

Sebelumnya dalam dakwaan JPU, ketiga terdakwa di tangkap, Kamis (11/10/2018) sekira pukul 21.00 wib oleh Petugas Ditresnarkoba Polda Sumut di Stasiun Bus Simpati Star Jalan Gagak Hitam Ringroad Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan.

Bahwa pada hari Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 11.00 Wib terdakwa Yusuf di hubungi Mahadi (berkas terpisah) agar menunggunya di stasiun bus simpati star Medan, dalam perjalan Aceh menuju Medan Mahadi membawa 10 Kg sabu didalam tas ransel miliknya untuk diantarkan ke Medan.

Pada sekitar jam 20.30 wib terdakwa Mahadi tiba di stasiun simpati star dan bertemu dengan terdakwa Yusuf dan mengatakan ada kerjaan ini untuk mengantarkan sabu upahnya 30 juta nanti kita bagi bagi.

Setelah sepakat terdakwa Yusuf menghubungi terdakwa Mukhtaruddin, tak berapa lama terdakwa Mukhtaruddin tiba di stasiun dengan mengendarai sepeda motor.

Selanjutnya Mahadi menyerah kan tas ransel yang berisikan narkoba seberat 10 Kg kepada terdakwa Yusuf dan terdakwa Mukhtaruddin untuk di antar kan, setelah jalan tak jauh dari stasiun kedua terdakwa yang berboncengan di berhentikan Petugas Ditresnarkoba Polda Sumut.

Kemudian terdakwa Yusuf dan terdakwa Mukhtaruddin diperiksa oleh petugas Ditresnarkoba poldasu dan menemukan 10 Kg sabu didalam tas ransel yang di bawa kedua terdakwa.

Didalamnya terdapat 10 bungkus plastik kemasan warna kuning keemasan yang bertuliskan Guanyinwang berisi Narkotika jenis sabu seberat 10 Kg.

Petugas Ditresnarkoba poldasu mengintrogasi kedua terdakwa dan hasil keterangan kedua  terdakwa  sabu tersebut diterima dari terdakwa Mahadi, dari pengembangan petugas langsung mengamankan terdakwa Mahadi yang hendak kembali ke Aceh di stasiun Bus Simpati Star Jalan Gagak Hitam Ring Road Medan.

Selanjutnya ketiga terdakwa berserta barang bukti dibawa ke Kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut untuk pemerkisaan lebih lanjut. (ds/Gpl)
Komentar Anda

Berita Terkini