Meski Gratis Biaya Retribusi, Pelayanan Puskesmas Harus Maksimal

/

/ Minggu, 10 Maret 2019 / 14.49 WIB
Anggota DPRD Medan, Ilhamsyah dalam Sosialisasi ke-tiga Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan Jalan Haji Deni Kusuma 3, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal baru-baru ini.

dailysatu.com-Pelayanan pengobatan gratis di tingkat Puskesmas ternyata tidak banyak diminati warga masyarakat. Warga menganggap pelayanan gratis sama dengan pelayanan tidak maksimal. Inilah yang ada di benark masyarakat tentang definisi layanan gratis.

"Kita sangat prihatin, pelayanan gratis yang selama ini melekat pada pelayanan puskesmas dan dianggap prestasi, ternyata direspon negatif oleh warga, kenapa begitu ?," tanya Anggota DPRD Medan, Ilhamsyah dalam Sosialisasi ke-tiga Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan Jalan Haji Deni Kusuma 3, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal baru-baru ini.

Banyak faktor yang memperngaruhi masyarakat sehingga berfikir negatif dengan pelayanan gratis di Puskemas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama. "Warga merasa pelayanan kurang memuaskan, fasilitas medis, dan obat-obatan yang diberikan tidak maksimal," jelas Ilhamsyah.

Politisi Golongan Karya Kota Medan ini mengemukakan, banyaknya persoalan di atas harus menjadi perhatian bagi Pemerintah Kota Medan ke depan.

"Kita harus mengembalikan kepercayaan warga, bahwa berobat di puskesmas juga sangat baik," ucapnya seraya mengingatkan Pemko Medan dan perangkat dibawahnya untuk serius melayani dan menyediakan pelayanan bagi warga.

Dikatakan Ilhamsyah, pelayanan puskesmas rawat inap misalnya, sampai dengan saat ini tidak kedengaran gaungnya.

"Ini laporan warga juga terkait pelaksanaan puskesmas rawat inap. Ada warga yang memanfaatkan fasilitas ini, tetapi warga lebih percaya langsung ke rumah sakit," tuturnya.

Untuk itulah, Ilhamsyah mendorong Pemko Medan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat, khusus di puskesmas.

"Ini penting bagi Kota Medan ke depan, dimana Puskesmas harus menjadi rujukan masyarakat dalam permasalahan kesehatan," jelasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Ilhamsyah juga mengemukakan bahwa masyarakat yang memiliki KTP/KRT/KS tidak dipungut biaya saat berobat ke puskesmas sesuai bunyi Bab VI Pasal 11.

"Seluruh warga Kota Medan yang memiliki e-KTP tidak dipungut biaya retribusi untuk menggunakan jasa layanan kesehatan di Puskemas. Ini sesuai dengan Bab VI Pasal 11, yang menyebutkan bahwa bagi penduduk daerah yang memiliki dan menunjukkan KTP/KRT/KS atau kartu jaminan/asuransi kesehatan lainnya tidak dipungut biaya retribusi," jelasnya seraya mengatakan gratis retribusi juga diperuntukkan bagi keluarga miskin, anak jalanan serta korban kekerasan. Hal itu sesuai dengan Bab IX Pasal 16.(ds/romisyah)
Komentar Anda

Berita Terkini