Begini Cara KPU Asahan Sosialisasi Pemilu Kepada Tuna Rungu

/

/ Minggu, 17 Maret 2019 / 19.58 WIB

dailysatu.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU Kabupaten Asahan gelar Sosialisasi Pemilu Damai terhadap masyarakat yang terkena Tuna Rungu di ruang Kelas Sekolah Luar Biasa (SLB) Kelurahan Kedai Ledang Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Minggu 17 Maret 2019.

Puluhan siswa SLB tersebut bersemangat mengikuti penjelasan petugas KPU dan Relawan Demokrasi terkait pesta demokrasi yang akan berlangsung  17 April 2019.

Penyampaiam informasi juga dibantu oleh guru ahli bahasa isyarat setempat dengan menggunakan bahasa tubuh sebagai tanda bentuk komunikasi penyampaian.

Komisioner KPU Asahan Samiun Sembara Marpaung menjelaskan kepada peserta cara memilih peserta calon Legislatif maupun Presiden apabila di TPS nanti.

"Kita gunakan hak suara kita untuk memilih para calon yang ada disurat suara nanti, bapak ibu harus bisa melihat siapa calon yang sudah ditentukan karena untuk legislatif tidak memiliki poto pada surat suara nantinya," jelas Samiun Sembara dalam sambutan didampingi dua guru SLB sebagai penjabar bahasa dengan menggunakan isyarat. 

Kegiatan sosialisasi itupun sangat disambut baik oleh masyarakat yang terkena tuna rungu, sehingga acara sosialisasi tersebut diwarnai dengan pertanyaan oleh pihak KPU Asahan dan diberikan hadiah kaos bertulisan pemilu damai.

Saat diwawancarai usai sosialisasi, Komisioner KPU Asahan Samiun Sembara Marpaung menjelaskan bahwa sosialisasi ini khusus buat disabilitas tuna rungu dengan cara mengajarkan mereka tata cara memilih disaat pemilu tiba nanti.

"Kita pun mengajak mereka berpartisipasi mensukseskan pemilu serentak nantinya, dan kegiatan ini juga merupakan salah satu program KPU dengan menghindari angka Golput," akhir Samiun dan berharap nantinya disabiltas tuna rungu tidak kesulitan cara memilih calon legislatif maupun presiden dalam pemilu nantinya.(ds/dicky saragi)
Komentar Anda

Berita Terkini