Areal Proyek Pembangunan PLTMH Di Parmonangan Taput Longsor 1 Pekerja Tewas Tertimbun 3 Luka

/

/ Sabtu, 23 Maret 2019 / 17.54 WIB

Foto: Lokasi korban tewas di areal pembangunan PLTMH di Dusun Parratusan Desa Manalu Dolok Kecamatan Parmonangan Taput. (ds/Bisnur Sitompul)

dailysatu.com - Proyek pembangunan areal Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH), di Dusun Parratusan Desa Manalu Dolok Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumut, Sabtu (23/3/2019) sekira pukul 11.30 Wib, longsor.

Akibat longsor tersebut, Yapet Sinaga (25) warga Tiga Dolok Pematang Siantar, pekerja PT Hutama Karya yang sedang mengerjakan areal itu tewas. 3 orang lainnya, Eben Ezer Manalu (38) warga Dusun Lumban Tobing Desa Manalu Dolok Kecamatan Parmonangan Taput, luka berat di bagian kepala.

Bontor Manalu (25) warga Dusun Parratusan Desa Manalu Dolok Kecamatan Parmonangan Taput, luka ringan dan Leonardo Marpaung (38) warga Medan, luka ringan.

Informasi diperoleh dailysatu.com, ketika itu sekira pukul 11.30 Wib para korban dan sejumlah pekerja sedang melakukan pekerjaan survei pembentukan kemiringan galian dan pengerjaan cek ulang pada proyek PT Hutama Karya.

Namun, tiba-tiba tanah di lereng perbukitan lokasi tersebut bergerak dan longsor. Seketika itu juga material tanah menimbun para korban. Saat tertimbun, korban Yapet Sinaga seluruh badan telah tertimbun tanah dan hanya terlihat bagian kaki. Korban Bontor Manalu tertimbun tanah bagian dada sampai kepala. Sedangkan Korban Leonardo Marpaung juga tertimbun dan hanya kelihatan bagian dada sampai kepala. 

Melihat kejadian tersebut sejumlah warga dan pekerja lainnya berusaha melakukan pertolongan dengan cara menggali tanah untuk mengeluarkan korban. Sekira 30 menit kemudian, setelah korban berhasil dievakuasi, saat pekerja dan warga masih di lokasi, tiba-tiba longsor susulan terjadi dan menimpa Eben Ezer Manalu seorang operator alat berat yang sedang bekerja. Kondisi korban ini luka berat di bagian kepala karena benturan batang kayu akibat longsor dari perbukitan.

Kapolres Taput AKBP Horas M Silaen MPSi melalui Kasubbag Humas Aiptu Sutomo MS mengatakan, korban yang tewas dan luka dibawa ke Puskesmas Parmonangan untuk pertolongan pertama.

"Polisi masih menyelidiki kejadian ini dan memintai keterangan sejumlah saksi," ujar Aiptu Sutomo MS. (Bisnur Sitompul)
Komentar Anda

Berita Terkini