Muhammadiyah Netral Dalam Pilpres 2019

/

/ Selasa, 12 Februari 2019 / 09.28 WIB
dailysatu.com - Setelah beberapa lama menunggu arah politik Muhammadiyah tahun 2019, akhirnya pengurus pusat mengambil pernyataan kalau organisasi islam itu dengan tegas menyatakan Muhammadiyah tidak memberi dukungan politik kepada salah satu calon di Pilpres 2019.

Hal tersebut diucapkan oleh, Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu'ti kepada sejumlah wartawan yang dilansir dari merdeka.com kemarin.

"Benar Muhammadiyah harus menentukan sikap. Sampaikan ke Pak Amien, sikap Muhammadiyah adalah tidak mendukung salah satu pasangan itulah sikap politik Muhammadiyah," ucap Abdul Mu'ti.

Beberapa waktu lalu, Amien Rais mengatakan akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir jika organisasinya tidak bersikap pada Pemilihan Presiden 2019.

Abdul menjelaskan, Muhammadiyah tetap pada prinsip dan fitrah serta kepribadian sebagai organisasi dakwah yang tidak terlibat dalam politik praktis. Muhammadiyah selama ini senantiasa berada dalam posisi gerakan dakwah yang terlibat dalam politik kebangsaan bukan politik kepartaian. Sehingga, tidak mendukung pasangan calon manapun.

"Sekali lagi sikap politik Muhammadiyah adalah netral, dan Muhammadiyah tidak akan terlibat dalam dukung-mendukung baik itu pasangan nomor 1 maupun pasangan nomor 2," tegas dia.

Meski secara kelembagaan netral, Abdul mengimbau seluruh umat untuk tetap berpartisipasi aktif dalam proses politik yang ada sesuai dengan pedoman kehidupan Islami.

"Netral bukan berarti tidak menentukan pilihan. Muhammadiyah hendaknya bisa menjadi warga negara yang bertanggung jawab yang kritis yang cerdas dan menggunakan hak politiknya untuk kepentingan bangsa," ucapnya.(ds/min)
Komentar Anda

Berita Terkini