Kades Tinggiraja Diduga Kampanyekan Capres 01

/

/ Sabtu, 09 Februari 2019 / 07.52 WIB

dailysatu.com-Kepala Desa (Kades) Dedi Hermanto diduga melakukan kampanye saat pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Desa Tinggiraja, Kecamatan Tinggiraja Kabupaten Asahan.Sang kades disinyalir kuat melakukan kampanye saat acara yang berlangsung di aula kantor Desa setempat, Kamis (31/1) bulan lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan dari sejumlah warga, diantarnya Akhirudin Sinaga (54), Suryanto Sirait (46) dan warga lainnya, menyebutkan saat itu secara tiba-tiba saja Kades Tinggiraja berkampanye dengan mengarahkan agar memilih Calon Presiden (Capres) 01 dalam hal ini Jokowi pada Pilpres 17 April 2019.

"Pernyatan Kades yang disampaikan saat menutup acara pembentukan LPM di desanya. Lalu puluhan orang yang hadir tercengang karena dinilai Kades tidak netral. Karena mengajak warga untuk mendukung capres petahana," ujar Akhirudin kepada wartawan, Jumat (8/2) di Kisaran.

Senada dengan itu, Suryanto Sirait menyebut adanya pengarahan Kades untuk memilih Capres 01. "Sejatinya Kades harus bersikap netral dan tidak boleh menampakan keberpihakan, baik kepada calon presiden, legislatif maupun kepada DPD RI yang pemilihannya digelar secara serentak di Negara Republik Indonesia ini. Bagi Kades maupun ASN telah diatur dalam peraturan dalam perundang-undangan harus bersikap netral," terang Suryanto Sirait.

Akhirudin Sinaga dan Suryanto Sirait juga menambahkan, bahwasanya Kades sempat berujar dihadapan puluhan pengurus LPM yang baru dibentuk. Agar diketahui bahwa gaji LPM  selama ini yang diterima per triwulan berasal dari Jokowi.

"Pilih lah Capres 01,karena diahla yang menggaji kita selama ini," ungkap Akhirudin Sinaga yang terpilih sebagai sekretaris LPM menirukan pernyataan Kades tersebut pada awak media ini.

Terpisah, Kades Tinggiraja Dedi Hermanto saat dikonfirmasi daily satu melalui selulernya,Jumat (8/2) sekira pukul 21:32 WIB membenarkan adanya rapat pembentukan LPM. Namum dia membatah ada melakukan kampanye dalam rapat itu.

"Tidak ada saya melakukan kampanye atau mengajak warga untuk memilih Capres 01," ujar Kades berkilah.

Ketika dikonfirmasi ulang kepada Akhirudin Sinaga,dia tetap bersikukuh bahwa Kades Tinggiraja ada mengarahkan agar memilih Capres 01. Dan semua yang hadir ikut menyaksikannya. (ds/Hendri)
Komentar Anda

Berita Terkini