Ikut Deklarasi 01, Wali Kota Solo Diperiksa Bawaslu

/

/ Rabu, 13 Februari 2019 / 11.01 WIB
dailysatu.com - Banyaknya kepala daerah yang ikut terlibat dalam memberikan dukungan kepada para calon Presiden, membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus kerja ekstra.

Kali ini Bawaslu Jawa Tengah meminta klarifikasi Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo, terkait keikutsertaannya pada acara deklarasi dukungan pemenangan Paslon nomor 01 Jokowi - Ma'aruf Amin.

Kegiatan tersebut diinisiasi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Hotel Alila, Solo, pada 26 Januari lalu.

Hadi Rudyatmo atau akrab disapa Rudy membenarkan adanya pemeriksaan tersebut. Kepada petugas Bawaslu, dia mengakui kedatangannya dalam acara tersebut.

"Sudah saya sudah (diperiksa Bawaslu). Minggu kemarin sudah saya tandatangani pemeriksaannya," katanya saat dilansir dari merdeka.com di rumah dinas Loji Gandrung, Rabu (13/2).

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan tersebut Bawaslu menyampaikan beberapa pertanyaan. Diantaranya terkait kapasitas dirinya, penyampaian undangan, para peserta yang datang serta lainnya.

"Saya ditanya, datang ke sana (deklarasi) kapasitas sebagai apa, undangannya seperti apa. Undangannya pakai WA (WhatsApp) secara pribadi," ujarnya.

Kepada petugas Bawaslu, Rudy menyampaikan jika kedatangannya saat itu sebagai petugas partai. Seperti diketahui, saat ini Rudy masih menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kota Solo. Ia juga beralasan jika kegiatan deklarasi tersebut dilakukan saat hari libur, sehingga tidak mengganggu tugasnya sebagai pimpinan daerah.

Apalagi, lanjut Rudy, dirinya tidak menggunakan fasilitas negara. Dan saat hari libur, siapapun bebas melakukan kampanye.

"Jadi yang diundang kemarin juga saya sampaikan, yang diundang kemarin adalah partai pendukung dan pengusung. Yang lainnya tidak, seperti Sragen tidak diundang," jelasnya.

Dia menegaskan, dirinya dan kepala daerah lainnya siap untuk diperiksa. Seperti disampaikan oleh Ganjar, meskipun sedang cuti para pimpinan daerah tidak boleh meninggalkan layanan kepada masyarakat.

"Contohnya besok, saya cuti kan. Tapi karena besok ada Irjen yang mau bicara masalah PLTSa, ya saya harus mendampingi," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Wali Kota dan Bupati, se-Jawa Tengah di Alila Hotel, Solo, Sabtu (26/1). Sedikitnya 31 pimpinan daerah Kabupaten/Kota hadir dalam kesempatan tersebut.

Seusai rapat, Ganjar yang didampingi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Bupati Klaten serta sejumlah Bupati lainnya secara bulat menyampaikan dukungannya kepada pasangan Joko Widodo- Ma'ruf Amin di Pilpres.(ds/02)
Komentar Anda

Berita Terkini